WEDARINGTYAS, AGNES ERINNA (2015) PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM MEMPERKENALKAN SIMBOL DESA WISATA KEMBANG ARUM TURI SLEMAN. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
KOM003705.pdf Download (186kB) |
|
Text (Bab I)
KOM103705.pdf Download (193kB) |
|
Text (Bab II)
KOM203705.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text (Bab III)
KOM303705.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
Text (Bab IV)
KOM403705.pdf Download (52kB) |
|
Text (Bab V)
KOM503705.pdf Download (83kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol–simbol yang ada di Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman untuk kemudian dibuat desain perencanaan komunikasi yang tepat. Masalah dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi yang telah ada sebelumnya dirasa kurang maksimal, sehingga belum mencapai khalayak sasaran secara utuh dan menyeluruh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif Di dalam karya tulis ini penulis berusaha melihat bagaimana desain perencanaan komunikasi dalam memperkenalkan keunggulan identitas melalui simbol yang ada, yang membedakan obyek wisata satu dengan yang lain, sehingga akan makin menguatkan citra DEWI KEMBAR. Simbol yang dijadikan identitas DEWI KEMBAR yang ingin diangkat dalam perencanaan komunikasi, yaitunama perusahaan, seragam, warna, gaya bangunan, logo, slogan, dan atribut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan komunikasi, yang terdiri dari riset, analisis khalayak dan potret masalah, goals dan objectives, merumuskan pesan, strategi komunikasi dan evaluasi. Perencanaan komunikasi yang digunakan oleh DEWI KEMBAR meliputi kegiatan travel dialog, pengadaan divisi baru humas, sponsor event, media buzzer, pembuatan video ptofile, pemasaran melalui media instagram, pemeran dagang, dan kegiatan open house. Kegiatan ini tentunya diselaraskan dengan target market yang akan dituju agar efektif dan tepat sasaran. Setiap kegiatan akan dievaluasi dengan melihat respon audiens dan mengukur dengan melihat feedback yang diberikan dengan membuat guest comment card yang dibuat menyerupai kuisioner
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | identitas, simbol, perencanaan komunikasi, DEWI KEMBAR, Desa wisata kembang arum |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 12:12 |
Last Modified: | 21 Aug 2015 12:12 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7827 |
Actions (login required)
View Item |