PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM MEMPERKENALKAN SIMBOL DESA WISATA KEMBANG ARUM TURI SLEMAN

WEDARINGTYAS, AGNES ERINNA (2015) PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM MEMPERKENALKAN SIMBOL DESA WISATA KEMBANG ARUM TURI SLEMAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM003705.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Bab I)
KOM103705.pdf

Download (193kB)
[img] Text (Bab II)
KOM203705.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (Bab III)
KOM303705.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM403705.pdf

Download (52kB)
[img] Text (Bab V)
KOM503705.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol–simbol yang ada di Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman untuk kemudian dibuat desain perencanaan komunikasi yang tepat. Masalah dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi yang telah ada sebelumnya dirasa kurang maksimal, sehingga belum mencapai khalayak sasaran secara utuh dan menyeluruh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif Di dalam karya tulis ini penulis berusaha melihat bagaimana desain perencanaan komunikasi dalam memperkenalkan keunggulan identitas melalui simbol yang ada, yang membedakan obyek wisata satu dengan yang lain, sehingga akan makin menguatkan citra DEWI KEMBAR. Simbol yang dijadikan identitas DEWI KEMBAR yang ingin diangkat dalam perencanaan komunikasi, yaitunama perusahaan, seragam, warna, gaya bangunan, logo, slogan, dan atribut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan komunikasi, yang terdiri dari riset, analisis khalayak dan potret masalah, goals dan objectives, merumuskan pesan, strategi komunikasi dan evaluasi. Perencanaan komunikasi yang digunakan oleh DEWI KEMBAR meliputi kegiatan travel dialog, pengadaan divisi baru humas, sponsor event, media buzzer, pembuatan video ptofile, pemasaran melalui media instagram, pemeran dagang, dan kegiatan open house. Kegiatan ini tentunya diselaraskan dengan target market yang akan dituju agar efektif dan tepat sasaran. Setiap kegiatan akan dievaluasi dengan melihat respon audiens dan mengukur dengan melihat feedback yang diberikan dengan membuat guest comment card yang dibuat menyerupai kuisioner

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: identitas, simbol, perencanaan komunikasi, DEWI KEMBAR, Desa wisata kembang arum
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Aug 2015 12:12
Last Modified: 21 Aug 2015 12:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item