ANALISIS KUANTITATIF EFEK PEMBERITAAN BENCANA MERAPI OKTOBER 2010 DI DETIKCOM TERHAHAP PERILAKU MAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM IKATAN MAHASISWA INDONESIA SULAWESI SELATAN DI YOGYAKARTA

Santoso, Ary (2011) ANALISIS KUANTITATIF EFEK PEMBERITAAN BENCANA MERAPI OKTOBER 2010 DI DETIKCOM TERHAHAP PERILAKU MAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM IKATAN MAHASISWA INDONESIA SULAWESI SELATAN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02874.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02874.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02874.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02874.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02874.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Hadirnya media online membuat pilihan baru bagi masyarakat dalam mencari informasi. Keperluan mengakses berita atau informasi yang cepat dan akurat tidak terelakkan lagi. Cepat, singkat, padat, dan jelas menjadi karakter media online dalam menyampaikan informasi. Letusan Merapi pada Oktober 2010 termasuk salah satu peristiwa bencana alam yang menyita perhatian masyarakat Indonesia. Pemberitaan bencana ini ramai diberitakan di berbagai media massa. Media online Detikcom salah satunya. Dalam setiap pemberitaan yang dibuat oleh Detikcom tentunya memiliki efek yang tidak hanya sekedar ingin memberikan pengetahuan baru kepada pada khalayak, namun juga ingin merubah perilaku khalayak dari adanya bencana Merapi ini. Perilaku yang dimaksud bisa berupa uluran tangan untuk membantu korban bencana secara langsung atau bisa saja membuat khalayak beranjak dari Yogyakarta untuk menyelamatkan diri. Efek dari pemberitaan media online dalam mempengaruhi perilaku khalayak menjadi menarik untuk diteliti. Apakah perubahan perilaku khalayak hanya dipengaruhi oleh berita, ataukah ada faktor lain. Dalam teori Stimulus – Oganism – Response dijelaskan bagaimana pengaruh media dapat memberikan efek kognitif, afektif dan konatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada efek pemberitaan bencana Merapi di Detikcom terhadap perilaku Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Indonesia (IKAMI) Sulawesi Selatan di Yogyakarta. Hasil penelitian dalam uji signifikan menunjukkan bahwa nilai F hitung = 2,538 < F tabel = 3,14, maka Ho diterima atau Ha ditolak. Artinya hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan antara efek pemberitaan Detikcom tentang merapi terhadap perilaku mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Indonesia (IKAMI) Sulawesi Selatan di Yogyakarta. Dalam penelitian ini juga diperoleh hasil bahwa efek afektif menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam mempengaruhi perilaku mahasiswa. Efek kognitif dan konatif memiliki pengaruh namun tidak signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efek, Media Online, Perilaku.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:07
Last Modified: 01 May 2013 08:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item