PENGARUH TINGKAT KREDIBILITAS NARASUMBER TERHADAP PERILAKU WAJIB PAJAK PRIBADI

Wattimury, Seane Stevany (2011) PENGARUH TINGKAT KREDIBILITAS NARASUMBER TERHADAP PERILAKU WAJIB PAJAK PRIBADI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03246.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03246.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03246.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Sosialisasi merupakan salah satu aktivitas komunikasi yang direncanakan oleh suatu organisasi tertentu dengan tujuan yaitu untuk mempengaruhi audiens supaya dapat mengikuti program sosialisasi tersebut. Salah satu kegiatan sosialisasi yang juga diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon yaitu program sosialisasi NPWP kepada setiap wajib pajak pribadi yang saat itu belum memiliki NPWP. Pada kegiatan program sosialisasi NPWP ini, terdapat beberapa komponen-komponen yang berperan untuk mempengaruhi audiens saat menerima pesan dari program sosialisasi. Salah satu komponen adalah narasumber atau komunikator. Aristoteles menjelaskan dalam teori retorika yaitu merupakan suatu proses persuasi yang memang dipresentasikan oleh seorang komunikator atau pembicara secara efektif sehingga menimbulkan perubahan kepada audiens. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kredibilitas narasumber terhadap perilaku wajib pajak pribadi pada keikutsertaannya dalam program sosialsisasi NPWP yang dikontrol oleh tingkat pemahaman. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian survey, jenis penelitiannya yaitu penelitian kuantitatif. Peneliti mengambil sampel yaitu para wajib pajak pribadi yang saat itu telah mengikuti program sosialisasi NPWP periode maret 2011 yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Ambon. Teknik sampling yang digunakana adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa responden mengakui bahwa narasumber memiliki kredibilitas yang tinggi (94%), sementara perilaku wajib pajak pribadi tergolong positif menghasilkan 92% dengan dibarengi tingkat pemahaman responden yang tinggi 38%. Analisis yang ada diperoleh bahwa nilai koefisien korelasi dari kredibilitas narasumber terhadap perilaku menghasilkan hubungan yang positif dan kuat dengan dikontrol oleh tingkat pemahaman wajib pajak pribadi yang berperan sebagai variabel kontrol dengan hasil korelasi 0.0487 dengan nilai sig 0.023. Pada hasil dengan uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa variabel kredibilitas narasumber juga memberikan sumbangan 23,1% dalam mempengaruhi perilaku responden. Dengan demikian membuktikan bahwa hubungan antara kredibilitas narasumber terhadap perilaku wajib pajak pribadi akan semakin positif karena adanya tingkat pemahaman yang tinggi dari responden pada keikutsertaannya dalam program sosialisasi NPWP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas narasumber, perilaku, tingkat pemahaman, program sosialisasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 08:15
Last Modified: 01 May 2013 09:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item