PDAM TIRTA BENTENG KOTA TANGERANG DALAM PEMBERITAAN (Analisis Isi PemberitaanMedia Cetak Terhadap Perusahaan BUMD PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Periode Januari – Desember 2010)

Fani, Ratna Diah (2011) PDAM TIRTA BENTENG KOTA TANGERANG DALAM PEMBERITAAN (Analisis Isi PemberitaanMedia Cetak Terhadap Perusahaan BUMD PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Periode Januari – Desember 2010). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03336.pdf

Download (1872Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03336.pdf

Download (2149Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2074Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03336.pdf

Download (1296Kb)

Abstract

Gambaran sebuah perusahaan dapat tercermin dalam sebuah pemberitaan di media, maka penting bagi Humas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang untuk selalu mengontrol berbagai pemberitaan yang berkaitan dengan perusahaan. Hal ini dilakukan guna melihat kecendrungan isi pemberitaan yang ada di media terkait dengan perusahaan. Maka penting sekali seorang praktisi Humas perusahaan melakukan sebuah riset kehumasan guna menganalisis pemberitaan yang ada di media, karena akan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemberitaan di media terkait dengan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Metode analisis isi ini berfokus pada pengamatan dan pengukuran isi komunikasi, mengkaji pesan – pesan yang ada di media untuk dapat diukur pemberitaanya terhadap suatu organisasi itu sendiri. Obyek penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah sejumlah artikel pemberitaan di media cetak yang didapatkan dari beberapa media cetak lokal maupun nasional yang berkaitan dengan pemberitaan seputar PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang. Pada penelitian ini menggunakan 2 unit analisis yang dipakai peneliti yaitu unit analisis penampilan fisik berita(dengan kategorisasi ukuran berita, posisi berita, jenis berita) dan unit analisis isi berita (dengan kategorisasi fokus berita, narasumber, arah opini dari narasumber yang memberikan pernyatan). Dengan sejumlah instrumen unit analisis kemudian peneliti melakukan proses koding tiap beritanya. Namun hasil penelitian yang dilakukan peneliti diuji terlebih dahulu reliabilitasnya melalui 2 orang yang berlaku sebagai koder. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan hasil obyektif antara peneliti dengan 2 koder tersebut. Lalu proses selanjutnya penulis akan berusaha mendeskripsikan dan menganalisis hasil penelitian. Melalui 2 unit analisis yang diteliti yang meliputi aspek penampilan fisik dan isi berita, peneliti mencari tahu kecendrungan isi pemberitaan terkait perusahaan. Setelah melalui beberapa proses yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa kecendrungan isi berita terkait dengan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang berfokus pada program pengembangan yang dilakukan perusahaan dan pemberitaan cenderung positif melihat melihat pernyataan publik mengarah ke arah opini yang positif (favourable).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 08:23
Last Modified: 24 Apr 2013 08:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item View Item