PENGARUH ASOSIASI MEREK POCARI SWEAT TERHADAP RESPON KONSUMEN

Pitaningrum, Brigita Kingkin (2010) PENGARUH ASOSIASI MEREK POCARI SWEAT TERHADAP RESPON KONSUMEN. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM01192.pdf

Download (476kB)
[img] Text (Bab I)
1MM01192.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Bab II)
2MM01192.pdf

Download (718kB)
[img] Text (Bab III)
3MM01192.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM01192.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (Bab V)
5MM01192.pdf

Download (399kB)

Abstract

Keunggulan persaingan yang didasarkan pada fungsi merek dapat menghasilkan citra merek yang positif serta menciptakan keunggulan kinerja dan profitabilitas perusahaan, laba jangka panjang dan potensi pertumbuhan (Del Rio et al, 2001). Untuk mencapai hasil tersebut, menurut Keller (1993) strategi yang efektif untuk menciptakan asosiasi merek yang kuat adalah dengan memadukan bauran komunikasi (promosi), yaitu dengan periklanan, promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung dan kemasan yang didesain secara khusus. Masalahnya adalah munculnya kesadaran tentang pentingnya merek dan usaha untuk meningkatkan nilai merek tidak hanya dilakukan oleh suatu perusahaan saja, tetapi oleh seluruh perusahaan yang menghasilkan kategori produk yang ada atau relatif sama. Hal ini menimbulkan peta persaingan menjadi ketat. Di antara kelompok merek yang persaingannya cukup ketat di Indonesia adalah produk minuman kesehatan, Pocari Sweat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan pengaruh asosiasi merek terhadap respon konsumen. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta, untuk mendapatkan responden pada penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Untuk mendapatkan data primer penelitian ini menggunakan kuesioner. Setelah responden menjawab kuesioner tersebut, hasil ditabulasi dan diuji menggunakan analisis korelasi dan regresi untuk mencari koefisien dari korelasi dan pengaruhnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesimpulan hasil korelasi pada Quarantee, personal identification, social identification, status, menerima ekstensi dari merek, merekomendasikan merek ke orang lain, membayar dengan harga premium yang dilakukan terhadap 93 responden, didapatkan basil sebagai berikut. Asosiasi merek yang dikaitkan dengan fungsi Guarantee dan social identification, signifikan menimbulkan kemauan konsumen hanya pada kesediaan menerima ekstensi merek dan merekomendasikan ke orang lain. Asosiasi merek yang dikaitkan dengan fungsi status, signifikan menimbuIkan kemauan konsumen hanya pads merekomendasikan merek ke orang lain dan membayar dengan harga premium. Analisis data pada personal identification tidak signifikan dan tidak menimbulkan pads keseluruhan variabel Dependent (kesediaan untuk menerima ekstensi merek, merekomendasikan merek ke orang lain dan Membeli dengan harga premium) dikarenakan Pocari sweat adalah minuman isotonik pioner, konsumen sudah lama mengenal dan mengetahui produk pocari sweat dan sekarang ini banyak pesaing produk minuman isotonik lainnya yang menyebabkan masyarakat mempunyai pilihan mana yang menurutnya baik. Kesimpulan hasil penelitian tidak sesuai dengan hipotesis dari Belen del Rio, A., Vazquez, Iglesias V., The Effects of Brand Associations on Consumer Response, jurnal of Consumer Marketing Vol. 18.No.5.2001.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Asosiasi merek, menerima ekstensi dari merek,merekomendasikan merek ke orang lain, membayar dengan harga premium.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Oct 2015 10:03
Last Modified: 15 Oct 2015 10:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item View Item