PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE IMPLEMENTASI E-SPT DJP PPN 1107 TERHADAP USER ACCEPTANCE E-SPT DJP PPN 1107 (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua)

Liestyorini, Fransisca Dwi (2007) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE IMPLEMENTASI E-SPT DJP PPN 1107 TERHADAP USER ACCEPTANCE E-SPT DJP PPN 1107 (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EA14064.pdf

Download (223Kb)
[img] Text (Bab I)
1EA14064.pdf

Download (127Kb)
[img] Text (Bab II)
2EA14064.pdf

Download (1759Kb)
[img] Text (Bab III)
3EA14064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605Kb)
[img] Text
4EA14064.pdf

Download (482Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EA14064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482Kb)
[img] Text (Bab V)
5EA14064.pdf

Download (730Kb)

Abstract

Perceived usefulness (PU) merupakan suatu tingkat atau keadaan seseorang yakin bahwa dengan menggunakan sistem tertentu akan meningkatkan kinerjanya, sedangkan perceived ease of use (PEOU) merupakan suatu tingkat atau keadaan seseorang yakin bahwa dengan menggunakan sistem tertentu tidak diperlukan usaha apapun (free of effort). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) PU dan PEOU implementasi e-SPT DJP PPN 1107 dalam penerimaan e-SPT DJP PPN 1107 oleh fiskus, (2) pengaruh antara PU implementasi e-SPT DJP PPN 1107 terhadap penerimaan e-SPT DJP PPN 1107 oleh pengusaha kena pajak (PKP), (3) pengaruh antara PEOU implementasi e-SPT DJP PPN 1107 terhadap penerimaan e-SPT DJP PPN 1107 oleh PKP. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan dengan cara wawancara dengan fiskus dan membagikan kuesioner kepada 11 fiskus dan 50 PKP. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi sederhana. Ada tiga temuan utama yang diperoleh dari penelitian ini. Pertama, sebagian besar fiskus merasakan adanya manfaat dan kemudahaan menggunakan e-SPT DJP PPN 1107, sehingga dapat menerima implementasi e-SPT DJP PPN 1107. Masih adanya fiskus yang menyatakan tidak setuju dan netral terhadap item-item pertanyaan yang terdapat pads variabel PU, PEOU, dan user acceptance (penerimaan pengguna), disebabkan karena masih sering terjadi bugsl error, banyaknya komplain dan konsultasi dari PKP ke KPP yang menyita waktu para fiskus seksi PPN, kurangnya training yang diberikan kepada fiskus, latar belakang pendidikan responden tersebut dan faktor usia, serta implementasi aplikasi e-SPT DJP PPN 1107 baru terlaksana 4 bulan, sehingga para fiskus yang menjadi responden masih dalam tahap belajar dan beradaptasi. Kedua, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa PU berpengaruh positif terhadap penerimaan aplikasi e-SPT DJP PPN 1107 oleh PKP. Ketiga, PEOU berpengaruh positif terhadap penerimaan aplikasi e-SPT DJP PPN 1107.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEOU), user acceptance (penerimaan pengguna), e-SPT DJP PPN 1107, fiskus, pengusaha kena pajak (PKP
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Oct 2015 09:53
Last Modified: 20 Oct 2015 09:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8182

Actions (login required)

View Item View Item