PERSEPSI AUDITOR DAN KLIEN ATAS PENGARUH PEMBERIAN JASA KONSULTASI MANAJEMEN TERHADAP INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK

Utamisari A., Theresia (2003) PERSEPSI AUDITOR DAN KLIEN ATAS PENGARUH PEMBERIAN JASA KONSULTASI MANAJEMEN TERHADAP INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EA11067.pdf

Download (165Kb)
[img] Text (Bab I)
1EA11067.pdf

Download (142Kb)
[img] Text (Bab II)
2EA11067.pdf

Download (292Kb)
[img] Text (Bab III)
3EA11067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EA11067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108Kb)
[img] Text (Bab V)
5EA11067.pdf

Download (407Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan persepsi auditor dan klien atas pengaruh pemberian jasa konsultasi manajemen terhadap independensi akuntan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah: (1) survei lapangan melalui penyebaran kuesioner kepada auditor dan klien yang pernah atau sedang menggunakanjasa konsultasi manajemen yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta dan (2) telaah/kajian literatur, artikel dan bacaan lain yang berhubungan dengan penelitian.. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan persepsi antara auditor dan klien atas pengaruh pemberian jasa konsultasi manajemen terhadap independensi akuntan publik. Dari hasil tersebut didapat dua temuan utama. Pertama, berdasarkan hasil penelitian mengenai persepsi klien atas kualitas jasa konsultasi manajemen yang dilakukan Leslie,dkk diduga perbedaan persepsi tersebut adalah karena ketidakpuasan klien atas pemberian jasa konsultasi manajemen yang dilakukan oleh akuntan publik. Responsiveness (kemampuan untuk menghasilkan pekerjaan dengan cepat dan tepat) serta reliability (penampilan auditor saat pertama kali menjalankan tugas) merupakan dimensi yang cukup signifikan mempengaruhi kualitas jasa konsultasi manajemen akuntan publik. Kedua, kasus Enron yang terjadi di Amerika tahun 2002 kemarin juga merupakan salah satu penyebab perbedaan persepsi auditor dan klien atas pengaruh pemberian jasa konsultasi manajemen. Teori tentang perbedaan persepsi atas pengaruh pemberian jasa konsultasi manajemen terhadap independensi akuntan publik mendukung hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Assurance, responsiveness, reliability, empathy, tangible, and independence.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Nov 2015 08:19
Last Modified: 20 Nov 2015 08:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8405

Actions (login required)

View Item View Item