PEMETAAN USAHA DI JALAN-JALAN BESAR KOTA YOGYAKARTA UNTUK PERTIMBANGAN LOKASI REKLAME DENGAN METODE ANALISIS CLUSTER K-MEANS

Kurniawati, Adith Haris (2012) PEMETAAN USAHA DI JALAN-JALAN BESAR KOTA YOGYAKARTA UNTUK PERTIMBANGAN LOKASI REKLAME DENGAN METODE ANALISIS CLUSTER K-MEANS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI05362.pdf

Download (507Kb)
[img] Text (Bab I)
1TI05362.pdf

Download (128Kb)
[img] Text (Bab II)
2TI05362.pdf

Download (59Kb)
[img] Text (Bab III)
3TI05362.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TI05362.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860Kb)
[img] Text (Bab V)
5TI05362.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TI05362.pdf

Download (1349Kb)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pemetaan Usaha di Jalanjalan Besar Kota Yogyakarta Berdasarkan Karakteristik Usahanya dengan Metode Analisis Cluster K-means” ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pemetaan usaha berupa kelompok jalan-jalan yang memiliki kemiripan karakteristik usaha dan persebaran usaha-usaha di jalan-jalan besar di Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel jalan-jalan besar di Kota Yogyakarta. Variabel-variabel yang akan digunakan adalah berupa jenis-jenis usaha yang dijumpai peneliti di jalan-jalan tersebut. Jenis-jenis usaha tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam klasifikasi usaha berdasarkan peraturan pemerintah tentang Kode Kategori Usaha Wajib Pajak. Hasil pengumpulan data dalam bentuk jumlah usaha pada masing-masing jalan dimasukkan kedalam bentuk matriks yang menyajikan jumlah usaha pada masing-masing jalan. Metode yang digunakan dalam analisis cluster ini adalah metode k-means. Langkah-langkah analisis cluster ditampilkan secara manual dan hasil didapatkan dengan mengolah data menggunakan software MINITAB 14. Dalam menentukan nilai k (jumlah cluster) yang tepat, pertama-tama, dilakukan analisis cluster pada nilai k=20, k=15, k=10, dan k=5, dengan membandingkan hasil analisis tersebut, akan didapatkan rentang nilai k yang akan dianalisis menggunakan perhitungan Sum Squared of Errors (SSE) untuk mendapatkan nilai k yang terbaik. Nilai k yang terbaik adalah 8, yang berarti sampel tersebut dikelompokkan ke dalam 8 grup. Setelah dilakukan intepretasi hasil analisis cluster, tebentuk 8 persebaran usaha di Kota Yogyakarta. Dari hasil yang telah didapatkan, dirancang information booklet.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 10:02
Last Modified: 24 Apr 2013 10:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item