PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Hotel Kelas Melati di Yogyakarta)

Adiputra, Ricky (2015) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Hotel Kelas Melati di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM18234.pdf

Download (636kB)
[img] Text (Bab I)
1EM18234.pdf

Download (383kB)
[img] Text (Bab II)
2EM18234.pdf

Download (966kB)
[img] Text (Bab III)
3EM18234.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM18234.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5EM18234.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis yang ketat menuntut pihak pemasar/produsen untuk memiliki orientasi pada pasar yang lebih intensif. Naver dan Slater (1990) menyatakan bahwa, orientasi pasar merupakan kemampuan perusahaan untuk mengetahui dan merespon konsumen. Orientasi pasar merupakan konstruk tunggal yang terdiri dari tiga dimensi yaitu: 1) orientasi pada pelanggan, 2) orientasi pada pesaing dan 3) koordinasi antar fungsi. Dengan orientasi pasar yang baik, perusahaan dapat mengantisipasi persaingan bisnis yang ada dan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui orientasi pada pasar (orientasi pada konsumen, orientasi pada pesaing, koordinasi antar fungsi) dan kinerja dari hotel kelas melati di Yogyakarta. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar (orientasi pada konsumen, orientasi pada pesaing, koordinasi antar fungsi) terhadap kinerja perusahaan. Data penelitian dikumpulkan mellaui kuesioner dari 100 hotel kelas melati di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hotel kelas melati di Yogyakarta memiliki orientasi pada pasar (orientasi pada konsumen, orientasi pada pesaing, koordinasi antar fungsi) dan kinerja yang baik/tinggi. Orientasi pasar (orientasi pada konsumen, orientasi pada pesaing, koordinasi antar fungsi) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Orientasi pada konsumen, orientasi pada pesaing, koordinasi antar fungsi dan kinerja perusahaan
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Feb 2016 11:17
Last Modified: 05 Feb 2016 11:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8710

Actions (login required)

View Item View Item