Aditya, Richard Dicky (2011) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG BUS TRANS JOGJA JALUR 4A DAN 4B. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS12219.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS12219.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS12219.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS12219.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS12219.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (Bab V)
5TS12219.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS12219.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Trans Jogja adalah sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar kota Yogyakarta, Indonesia. Trans Jogja merupakan salah satu bagian dari program penerapan (Bus Rapid Transit) yang dicanangkan Departemen Perhubungan. Trans Jogja menerapkan sistem tertutup dan menggunakan bus berukuran sedang. Adanya bus Trans Jogja merupakan sesuatu yang diharapkan mampu menjawab akan kebutuhan transportasi umum masyarakat Yogyakarta yang aman dan nyaman. Penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap bus Trans Jogja Jalur 4A dan 4B. Penulis melakukan penelitian terhadap enam aspek yang dianggap penting bagi konsumen atau penumpang yaitu meliputi rute perjalanan, kecepatan perjalanan, jumlah penumpang, load factor, headway dan frekuensi, serta jumlah armada Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada 100 penumpang. Kemudian dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan SPSS versi 18 for windows. Sebelumnya dilakukan analisis validitas dan reliabilitas untuk mengetahui syarat yang baik suatu kuisioner dan sejauh mana alat pengukur dapat dipercaya. Untuk mengetahui bagian yang sudah baik atau sudah dianggap puas oleh konsumen digunakan metode diagram kartesius (Importance Performance Matrix). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum, responden memiliki apresiasi yang tinggi terhadap aspek rute perjalanan, kecepatan perjalanan, jumlah penumpang, load factor, headway dan frekuensi serta jumlah armada. Oleh karena itu, managemen Trans Jogja sudah sepantasnya memberikan perhatian yang lebih untuk menjaga kualitas pelayanannya terutama terhadap enam aspek tersebut. Selain itu hasil evaluasi juga menunjukan bahwa kinerja pelayanan di Trans Jogja masih menyisakan beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Meskipun secara umum penilaian yang diberikan sudah baik dan memuaskan, akan tetapi nilai indeks performance yang cenderung lebih kecil daripada nilai indeks importance, menunjukan bahwa responden (konsumen) menganggap masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepuasan, Importance Performance Matrix |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Apr 2013 13:36 |
Last Modified: | 06 May 2013 11:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/887 |
Actions (login required)
View Item |