ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG BUS TRANS JOGJA JALUR 4A DAN 4B

Aditya, Richard Dicky (2011) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG BUS TRANS JOGJA JALUR 4A DAN 4B. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12219.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12219.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12219.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12219.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12219.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (Bab V)
5TS12219.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS12219.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Trans Jogja adalah sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar kota Yogyakarta, Indonesia. Trans Jogja merupakan salah satu bagian dari program penerapan (Bus Rapid Transit) yang dicanangkan Departemen Perhubungan. Trans Jogja menerapkan sistem tertutup dan menggunakan bus berukuran sedang. Adanya bus Trans Jogja merupakan sesuatu yang diharapkan mampu menjawab akan kebutuhan transportasi umum masyarakat Yogyakarta yang aman dan nyaman. Penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap bus Trans Jogja Jalur 4A dan 4B. Penulis melakukan penelitian terhadap enam aspek yang dianggap penting bagi konsumen atau penumpang yaitu meliputi rute perjalanan, kecepatan perjalanan, jumlah penumpang, load factor, headway dan frekuensi, serta jumlah armada Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada 100 penumpang. Kemudian dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan SPSS versi 18 for windows. Sebelumnya dilakukan analisis validitas dan reliabilitas untuk mengetahui syarat yang baik suatu kuisioner dan sejauh mana alat pengukur dapat dipercaya. Untuk mengetahui bagian yang sudah baik atau sudah dianggap puas oleh konsumen digunakan metode diagram kartesius (Importance Performance Matrix). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum, responden memiliki apresiasi yang tinggi terhadap aspek rute perjalanan, kecepatan perjalanan, jumlah penumpang, load factor, headway dan frekuensi serta jumlah armada. Oleh karena itu, managemen Trans Jogja sudah sepantasnya memberikan perhatian yang lebih untuk menjaga kualitas pelayanannya terutama terhadap enam aspek tersebut. Selain itu hasil evaluasi juga menunjukan bahwa kinerja pelayanan di Trans Jogja masih menyisakan beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Meskipun secara umum penilaian yang diberikan sudah baik dan memuaskan, akan tetapi nilai indeks performance yang cenderung lebih kecil daripada nilai indeks importance, menunjukan bahwa responden (konsumen) menganggap masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepuasan, Importance Performance Matrix
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 13:36
Last Modified: 06 May 2013 11:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item