EVALUASI KINERJA TERMINAL JOMBOR KABUPATEN SLEMAN

BUPU, FLORENTINA (2015) EVALUASI KINERJA TERMINAL JOMBOR KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTS02180.pdf

Download (763Kb)
[img] Text (Bab I)
1MTS02180.pdf

Download (551Kb)
[img] Text (Bab II)
2MTS02180.pdf

Download (56Kb)
[img] Text (Bab III)
3MTS02180.pdf

Download (529Kb)
[img] Text (Bab IV)
4MTS02180.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354Kb)
[img] Text (Bab V)
5MTS02180.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2088Kb)
[img] Text (Bab VI)
6MTS02180.pdf

Download (9Mb)

Abstract

Terminal Jombor merupakan prasarana transportasi publik di Kabupaten Sleman yang melayani hampir semua jalur angkutan umum baik itu AKAP, AKDP, Angkudes maupun Trans Jogja. Selain dipergunakan sebagai arus keluar masuk angkutan umum, Terminal Jombor juga dipergunakan sebagai tempat untuk menginap angkutan umum khusus AKAP. Kondisi ini kemudian menyebabkan sirkulasi angkutan umum di terminal Jombor menjadi tidak lancar karena luas lahan terminal kurang dari satu hektar dan daya tampung terminal pada saat ini dianggap belum memadai, disamping itu pemisahan parkir antar tipe angkutan umum juga belum terlihat jelas. Permasalahan lain yang terjadi di terminal adalah tidak adanya pembatasan ruang untuk parkir antara angkutan umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang dengan pengantar penumpang angkutan umum. Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengevaluasi tingkat pelayanan penyelenggaraan terminal Jombor yang tersedia berdasarkan Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan (SPPTPAJ) dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 40 Tahun 2015 (PM 40 tahun 2015), b) meninjau kondisi terminal Jombor secara teknis dan perencanaan pengembangan terminal Jombor berdasarkan Studi Standarisasi Perencanaan Kebutuhan Fasilitas Perpindahan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan oleh Dirjenhubdat 1994, c) mengetahui faktor - faktor yang paling mempengaruhi penilaian dan ekspektasi pengguna terminal terhadap pelayanan yang diberikan. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data dengan cara melakukan survei lapangan berupa survei wawancara, survei kuisioner, survei keluar masuk kendaraan, survei volume penumpang dan observasi. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 7 – 26 September 2015. Metode yang digunakan dalam pengolahan data yaitu; a) menganalisis pelayanan dengan metode comparasi berdasarkan SPPTAJ dalam PM 40 tahun 2015; b) menghitung kebutuhan fasilitas terminal berdasarkan Studi Standarisasi Dirjenhubdat (SSD); c) menganilisis data kuisioner dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) pelayanan penyelenggaraan terminal Jombor yang tersedia saat ini belum memenuhi SPPTAJ dalam PM 40 tahun 2015; b) tinjauan teknis terminal Jombor yang tersedia saat ini berdasarkan SSD yaitu beberapa fasilitas yang terdapat di terminal Jombor luasannya tidak memenuhi standar dan terdapat pula beberapa fasilitas yang belum tersedia; c) tinjauan teknis perencanaan pengembangan terminal Jombor berdasarkan SSD yaitu beberapa fasilitas yang terdapat di terminal Jombor telah memiliki luasan yang memenuhi standar dan beberapa fasilitas lain luasannya tidak memenuhi standar. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang tidak tersedia di terminal Jombor dan terdapat pula beberapa fasilitas yang tersedia di terminal Jombor namun fasilitas tersebut tidak tercantum dalam SSD; d) faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian pengguna jasa adalah tersedia alat pemadam kebakaran, tersedia pos, fasilitas dan petugas kesehatan, terdapat petugas keamanan berseragam dan mudah terlihat, tersedia media pengaduan gangguan keamanan berupa stiker berisi nomor telepon dan/ atau SMS pengaduan ditempel pada tempat yang stategis dan mudah dilihat, tersedianya jadwal kedatangan dan keberangkatan kendaraan serta besaran tarif kendaraan bermotor umum beserta realisasi jadwal secara tertulis, tersedianya jadwal kendaraan umum dalam trayek lanjutan dan kendaraan umum tidak dalam trayek lanjutan beserta realisasi jadwal secara tertulis, tersedia informasi pelayanan (jadwal, tarif dan rute), tersedia informasi angkutan lanjutan, tersedia tempat istirahat awak kendaraan, tersedia tempat penitipan barang terdapat ram portable atau ramp permanen untuk penyandang cacat (difabel), tersedia toilet untuk penyandang cacat dan tersedia ruang ibu menyusui.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, tingkat pelayanan, standar pelayanan, tinjauan teknis, standarisasi, Importance Performance Analysis
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Mar 2016 12:31
Last Modified: 15 Mar 2016 12:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8922

Actions (login required)

View Item View Item