Sanjaya, Richardy (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS PERSIMPANGAN Jl. SENOPATI-Jl. KH.AHMAD DAHLAN DENGAN Jl.TRIKORA-Jl. A.YANI, YOGYAKARTA, D.I.Y). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS12503.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS12503.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS12503.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS12503.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS12503.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text (Bab V)
5TS12503.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS12503.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kota Yogyakarta merupakan kota pendidikan dan wisata. Dengan meningkatnya populasi penduduk di kota Yogyakarta mengakibatkan bertambahnya jumlah pengendara baik pengendara kendaraan bermotor maupun tidak bermotor (sepeda, becak, andong, dll.) Beberapa tahun terakhir, Pemkot Yogyakarta berupaya mengembangkan minat masyarakatnya dalam memanfaatkan sepeda sebagai kendaraan alternatif. Beberapa sarana dan prasarana yang disediakan bagi pesepeda terlihat sangat tidak efektif dikarenakan jarangnya penggunanan oleh pesepeda terutama ruang henti khusus atau yang lebih dikenal sebagai ruang tunggu sepeda atau stoplines.Untuk mengakomodasi permasalahan yang ada, perlu dilakukan penelitian untuk menghitung efektifitas dan desain yang sesuai dengan karakteristik pesepeda di kota Yogyakarta berdasarkan volume lalu lintas melalui observasi langsung dan dibandingkan dengan hasil polling kuesioner, serta mencari ukuran ruang henti sesuai rerata volume penggunaan RHK dengan keadaan sebenarnya di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di persimpangan antara Jl. A. Dahlan - Jl. Senopati dengan Jl. A. Yani - Jl.Trikora, Kota Yogyakarta dan dilaksanakan pada tanggal 23 Mei – 29 Mei 2011 selama satu minggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, kuesioner dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan tingkat efektivitas lalu lintas sepeda di area penelitian dalam sehari (selama jam sibuk) mencapai 14%-15% dari total kepemilikan sepeda di kota Yogyakarta. Sekitar 7%-9% dari total volume lalu lintas pesepeda yang menggunakan area ASLs di lokasi objek penelitian dalam sehari (selama jam sibuk), sisanya lebih memilih berhenti di depan atau di samping area ASLs. Pada hasil pertanyaan no.4 dikuesioner langsung ditanyakan tingkat penggunaan area ruang henti khusus pada pesepeda yang terdapat di lapangan. Maka keberadaan area ruang henti khusus yang berada di objek penelitian tidak efektif karena persentase efektifitas pesepeda yang pernah menggunakan area tersebut adalah 30% kurang dari 50%. desain area ruang henti khusus yang digunakan adalah desain solusi 1, desain dapat digabung menjadi satu dengan jalur pendekat dan terletak di samping ruas jalan, ukuran yang digunakan adalah 1.5 x 6 meter. Desain dapat menjadi satu atau dua kotak tergantung pada tipe ruas jalan (tipe 2 arah atau 1 arah).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektifitas, sepeda, ruang henti khusus, ruang tunggu sepeda, stoplines |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Apr 2013 13:51 |
Last Modified: | 06 May 2013 11:51 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/896 |
Actions (login required)
View Item |