ANALISIS ALINYEMEN HORIZONTAL PADA TIKUNGAN RING ROAD SELATAN KM. 6 TAMAN TIRTO KASIHAN, BANTUL, DIY

SIGA, BERTHOLOMEUS LELE (2012) ANALISIS ALINYEMEN HORIZONTAL PADA TIKUNGAN RING ROAD SELATAN KM. 6 TAMAN TIRTO KASIHAN, BANTUL, DIY. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12116.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12116.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12116.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (Bab V)
5TS12116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS12116.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan oleh manusia/pemakai jalan, kendaraan, jalan dan lingkungan. Daerah Ring Road Selatan Km. 6 Taman Tirto, Kasihan, Bantul, DIY sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Setelah disurvei, ternyata hal ini disebabkan karena tikungannya terlalu tajam sehingga membahayakan pemakai jalan yang melintasi jalan tersebut. Data-data yang diperlukan dalam analisis ini diambil langsung dari pengamatan di lapangan, dan diperoleh dari instansi-instasi yang terkait. Data yang diambil langsung di lapangan berupa data volume lalu lintas, data waktu tempuh kendaraan, serta data geometrik jalan. Data kecelakaan lalu lintas diperoleh dari Kepolisian Republik Indonesia Resort Bantul, sedangkan data jalan diperoleh dari Direktorat Jenderal Bina Marga Bagian Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Propinsi DIY. Setelah data terkumpul, alinyemen horizontal dianalisis dengan menggunakan metode AASHTO ’90. Pada kondisi existing alinyemen horizontal Ring Road Selatan Km. 6 Taman Tirto, Kasihan, Bantul, DIY kecepatan rata – rata kendaraan 59,54 km/jam, panjang jari – jari (R) tikungan = 108 m, panjang lengkung circle (Lc) = 133,239 m dan panjang lengkung spiral (Ls) = 40 m. Jari – jari tikungan (R) kondisi existing (108 m) lebih kecil dari jari – jari tikungan minimum (Rmin) hitungan (174 m) sehingga mengakibatkan tikungan menjadi tajam. Untuk itu, jari – jari tikungan (R) harus diperbesar menjadi 174 m dan panjang lengkung spiral (Ls) disesuaikan menjadi 60 m supaya tikungan tidak tajam, sehingga para pegguna jalan dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: panjang lengkung spiral (Ls), kecepatan rencana (V), panjang lengkung circle (Lc), superelevasi (e), jari – jari tikungan (R).
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 13:52
Last Modified: 03 May 2013 13:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item