SIGA, BERTHOLOMEUS LELE (2012) ANALISIS ALINYEMEN HORIZONTAL PADA TIKUNGAN RING ROAD SELATAN KM. 6 TAMAN TIRTO KASIHAN, BANTUL, DIY. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS12116.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS12116.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS12116.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS12116.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS12116.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text (Bab V)
5TS12116.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS12116.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan oleh manusia/pemakai jalan, kendaraan, jalan dan lingkungan. Daerah Ring Road Selatan Km. 6 Taman Tirto, Kasihan, Bantul, DIY sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Setelah disurvei, ternyata hal ini disebabkan karena tikungannya terlalu tajam sehingga membahayakan pemakai jalan yang melintasi jalan tersebut. Data-data yang diperlukan dalam analisis ini diambil langsung dari pengamatan di lapangan, dan diperoleh dari instansi-instasi yang terkait. Data yang diambil langsung di lapangan berupa data volume lalu lintas, data waktu tempuh kendaraan, serta data geometrik jalan. Data kecelakaan lalu lintas diperoleh dari Kepolisian Republik Indonesia Resort Bantul, sedangkan data jalan diperoleh dari Direktorat Jenderal Bina Marga Bagian Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Propinsi DIY. Setelah data terkumpul, alinyemen horizontal dianalisis dengan menggunakan metode AASHTO ’90. Pada kondisi existing alinyemen horizontal Ring Road Selatan Km. 6 Taman Tirto, Kasihan, Bantul, DIY kecepatan rata – rata kendaraan 59,54 km/jam, panjang jari – jari (R) tikungan = 108 m, panjang lengkung circle (Lc) = 133,239 m dan panjang lengkung spiral (Ls) = 40 m. Jari – jari tikungan (R) kondisi existing (108 m) lebih kecil dari jari – jari tikungan minimum (Rmin) hitungan (174 m) sehingga mengakibatkan tikungan menjadi tajam. Untuk itu, jari – jari tikungan (R) harus diperbesar menjadi 174 m dan panjang lengkung spiral (Ls) disesuaikan menjadi 60 m supaya tikungan tidak tajam, sehingga para pegguna jalan dapat berkendara dengan aman dan nyaman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | panjang lengkung spiral (Ls), kecepatan rencana (V), panjang lengkung circle (Lc), superelevasi (e), jari – jari tikungan (R). |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Apr 2013 13:52 |
Last Modified: | 03 May 2013 13:53 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/897 |
Actions (login required)
View Item |