PENGARUH ASOSIASI MEREK PADA PREFERENSI KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN COLA: STUDI PADA KONSUMEN INDONESIA DAN MALAYSIA

JURU, PAULUS (2016) PENGARUH ASOSIASI MEREK PADA PREFERENSI KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN COLA: STUDI PADA KONSUMEN INDONESIA DAN MALAYSIA. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM02128.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1MM02128.pdf

Download (468kB)
[img] Text (Bab II)
2MM02128.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3MM02128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM02128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
5MM02128.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh asosiasi merek pada preferensi konsumen dengan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Elangeswaran, Ragel (2014) dan Nizar (2014). Variabel-variabel yang digunakan adalah citra merek, sikap merek, persepsi kualitas, dan preferensi konsumen. Persaingan produk atau merek minuman bersoda rasa cola yakni Coca Cola dan Pepsi Cola di pasar Indonesia dan Malaysia merupakan fakta yang menarik, sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek pada preferensi konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei berupa kuesioner yang dibagikan pada 123 orang responden Indonesia dan 120 orang responden Malaysia yang membeli dan mengkonsumsi minuman berkarbonasi rasa cola dengan merek Coca Cola dan Pepsi Cola. Analisis perhitungan data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS Statistic Version 23rd. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek pada merek Coca Cola pada konsumen Indonesia memiliki pengaruh sebesar 33,2% terhadap preferensi konsumen dan terdapat dua variabel yang mempengaruhi, yaitu: citra merek dan persepsi kualitas. Pepsi Cola memiliki pengaruh sebesar 31,1%, terhadap preferensi konsumen dengan adanya dua variabel yang mempengaruhi, yaitu: citra merek dan persepsi kualitas. Sedangkan, pada konsumen Malaysia, Coca Cola memiliki pengaruh sebesar 40,7% terhadap preferensi konsumen dengan adanya dua variabel yang mempengaruhi, yaitu: sikap merek dan persepsi kualitas. Pepsi Cola memiliki pengaruh sebesar 20,3%, terhadap preferensi konsumen dan terdapat hanya satu variabel yang mempengaruhi, yaitu: persepsi kualitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: asosiasi merek, preferensi konsumen, Coca Cola dan Pepsi Cola
Subjects: Magister Manajemen > Bisnis Internasional
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jun 2016 12:12
Last Modified: 16 Jun 2016 12:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9725

Actions (login required)

View Item View Item