PENGARUH electronic WORD OF MOUTH (eWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada Restoran Roaster and Bear Yogyakarta)

Sopacua, Stefanus Cendra Hogi (2016) PENGARUH electronic WORD OF MOUTH (eWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada Restoran Roaster and Bear Yogyakarta). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Stefanus Cendra Hogi Sopacua)
0MM02290.pdf

Download (279kB)
[img] Text (Bab I)
1MM02290.pdf

Download (246kB)
[img] Text (Bab II)
2MM02290.pdf

Download (323kB)
[img] Text (Bab III)
3MM02290.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM02290.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text (Bab V)
5MM02290.pdf

Download (300kB)

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi internet, word of mouth yang dulunya harus bertatap muka sekarang tidak harus bertatap muka karena pertumbuhan dan evolusi dari internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth pada media sosial terhadap minat beli konsumen pada Restoran Roaster and Bear di Jalan Mangkubumi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya dan diambil sebanyak 187 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden yang mengetahui ataupun pernah mengunjungi Restoran Roaster and Bear. Penelitian ini menggunakan analisis faktor, alat analisis regresi linier berganda serta dilakukan uji beda pada eWom dan niat beli ditinjau dari karakteristik gender dan ditinjau dari karakteristik uang saku dan atau pendapatan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa electronic word of mouth yang terdiri dari 8 dimensi menjadi 7 dimensi dan electronic word of mouth di media sosial berpengaruh siginifikan terhadap niat beli. Tidak adanya perbedaan ditinjau dari karakteristik gender untuk eWOM dan Niat Beli serta tidak ada perbedaan ditinjau dari karakteristik uang saku dan atau pendapatan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: electronic Word of Mouth, Media Sosial, Niat Beli.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jun 2016 15:02
Last Modified: 16 Aug 2024 19:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9728

Actions (login required)

View Item View Item