MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PENDIDIKAN TINGGI (STUDI KUANTITATIF TERHADAP SISWA KELAS III SMA NEGERI 1 SLAWI)

Valleyntia, Galuh Cris (2004) MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PENDIDIKAN TINGGI (STUDI KUANTITATIF TERHADAP SISWA KELAS III SMA NEGERI 1 SLAWI). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS00995.pdf

Download (220kB)
[img] Text (Bab I)
1SOS00995.pdf

Download (621kB)
[img] Text (Bab II)
2SOS00995.pdf

Download (358kB)
[img] Text (Bab III)
3SOS00995.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (Bab IV)
4SOS00995.pdf

Download (541kB)

Abstract

Keberadaan pendidikan tinggi tidak terlepas dari pennasalahan yang melingkupinya. Tiap tahun banyak orang berlomba-lomba untuk memasukinya tetapi pada kenyataannya banyak sarjana yang menjadi pengangguran. Kontradiksi tersebut dapat mengakibatkan kebnnbangan pads minat para siswa kelas III SMA untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi atau tidak. Faktor-faktor yang diprediksi mempengaruhinya adalah tingkat prestasi belajar siswa (variabel X1) dan tingkat pendapatan orang tua (variabel X 2 ). Penelitian ini bertujuan mencari hubungan dan pengaruh prestasi belajar siswa dan pendapatan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke pendidikan tinggi. Keterkaitan ketiga variabel dalam penelitian ini didasarkan pada teori Human Capital (teori sumber daya manusia). Teori Human Capital menyatakan bahwa pendidikan merupakan pendnaman modal yang menguntungkan karena dengan investasi pendidikan penghasilan setunur hidup dari mereka yang mempunyai pendidikan yang lebih tinggi akan lebih besar dari pada penghasilan seurnur hidup dari mereka yang mempunyai pendidikan yang lebih rendah. Hipotesa yang dirumuskan adalah semakin tinggi prestasi belajar siswa dan pendapatan orang tua menyebabkan semakin tinggi minat melanjutkan studi ke pendidikan tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1. Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Metode yang dipakai adalah Survai dengan jenis penelitian explanatory research atau penelitian penjelasan. Sampel diambil secara acak sederhana yang ditratifikasi dengan jumlah sampel 100 siswa. Alat pengumptil data pokok adalah dengan kuesioner. Sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara kuantitaif dengan memakai analisis korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis diketahui bahwa prediksi yang dirumuskan dalarn hipotesis penelitian terbukti benar. Nilai korelasi product moment variabel tingkat prestasi belajar siswa (X 1) terhadap variabel minat siswa melanjutkan studi ke pendidikan tinggi (Y) adalah 0,375, nilai korelasi variabel tingkat pendapatan orang tua (X2) terhadap minat siswa melanjutkan studi ke pendidikan tinggi (Y) adalah 0,433 dan nilai korelasi berganda variabel tingkat prestasi belajar siswa (X1), variabel tingkat pendapatan orang tua (X2) terhadap variabel minat siswa melanjutkan studi ke pendidikan tinggi (Y) adalah 0,512. Sumbangan efektif dari variabel tingkat prestasi belajar siswa (X,) adalah 10,5946 %, vaniabel tingkat pendapatan orang tua (X2) adalah 15,6127 %. Jadi total sumbangan variabel (X,) dan variabel (X 2.) terhadap (Y) adalah 26,2073 %. Dengan demikian dapat dipahami bahwa minat siswa melanjutkan studi ke pendidikan tinggi (Y) tidak hanya didasarkan pada prestasi belajar siswa dan pendapatan orang tua saja, tetapi juga ada faktor-faktor lain yang memungkinkan mempengaruhinya yaitu sebanyak 73,7927 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:32
Last Modified: 13 Jul 2016 08:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9849

Actions (login required)

View Item View Item