Martati, Lia Dwi (2001) STRATEGI BERTAHAN DAGADU ASPAL (Mempelajari Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Dagadu Aspal Untuk Mampu Bertahan). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0SOS00697.pdf Download (228kB) |
|
Text (Bab I)
1SOS00697.pdf Download (555kB) |
|
Text (Bab II)
2SOS00697.pdf Download (170kB) |
|
Text (Bab III)
3SOS00697.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
Text (Bab IV)
4SOS00697.pdf Download (320kB) |
Abstract
Karya desain kaos Dagadu baik Dagadu asli maupun Dagadu aspal, keduanya sama-sama rnenjual daya tarik budaya masyarakat Yogyakarta. Sosok slogan kaos yang semula bernuansa kebarat.-baratan menjadi beralih kepada sosok tradisional khas Yogyakarta. Budaya asli masyarakat Yogya yang masih tradisional ditambah dengan perilaku social masyarakat pendatang memberikan warna tersendiri dalam pengelolaan dagadu aspal. Sedangkan permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah faktor-faktor dan strategi dagadu aspal untuk dapat bertahan. Teori pertukaran patron-klien sebagai dasar penelitian mengapa antara dagadu aspal dapat berdampingan serta diuntungkan satu sama lain. Hipotesa dalam penelitian ini bahwa kemampuan bertahan dagadu aspal dipengaruhi oleh faktor-faktor skala permodalan, penguasaan pasar, dan kemudahan dalam produksi. Keberadaan Dagadu aspal disatu sisi, yaitu dalam hal hak cipta kreatifitas sangat merugikan Dagadu namun disisi lain Dagadu aspal ikut mengisi ceruk pasar konsumen menengah kebawah, serta memberikan publisitas yang efektif bagi nama produk Dagadu secara keseluruhan. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan mengadakan survey lapangan untuk mendapatkan data uji yang valid. Kemudian data hasil penelitian diuji statistik dengan uji Chi-Square yang menghasilkan kemampuan hipotesa bahwa masing-masing variable saling memberikan pengaruh dimana Ho ditolak pada semua tingkat pengujian. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian adalah bahwa kemampuan dagadu aspal untuk dapat bertahan ditentukan oleh skala modal yang dimiliki oleh masing-masing pengusaha, dengan modal skala menengah dan besar para pengusaha Dagadu aspal dapat bertahan. Selain hal itu besarnya cakupan pasar yang dikuasai serta kemampuan produsen untuk mendapatkan komponen produksi merupakan faktor yang menentukan kemampuan bertahan. Karena dengan kemudahan pengusaha untuk mendapatkan komponen produksi, maka para pengusaha Dagadu aspal dapat memenuhi permintaan pasar yang ada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Sosiologi > Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 11:55 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 11:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9862 |
Actions (login required)
View Item |