DJAUHARI, TAMTAMA (2007) AUTOMOBILE STATION DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TA07893.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
1TA07893.pdf Download (429kB) |
|
Text (Bab II)
2TA07893.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab III)
3TA07893.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab IV)
4TA07893.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
5TA07893.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mobil merupakan alat transportasi hasil teknologi yang mendukung pergerakan manusia. Pada awalnya fungsi mobil hanya sebagai alat bantu perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Namun seiring dengan berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi, mobilpun mengalami perkembangan baik dari segi jenis maupun fungsi. Perkembangan yang terus berlanjut tersebut menuntut pula peningkatan dalam segi penyediaan fasilitas yang mampu mendukung kegiatan di dalamnya. Fasilitas layanan otomobil yang dibutuhkan antara lain layanan yang menyediakan kebutuhan akan dan bagi mobil yang meliputi kegiatan promosi jual-beli, perbaikan dan perawatan (bengkel) serta kegiatan uji coba sebagai pendukung berupa area test drive. Dan dapat juga diamati bahwa fasilitas layanan otomobil yang banyak diminati konsumen saat ini adalah bengkel modifikasi. Dari hal tersebut diatas dapat dilihat bahwa perkembangan pasar otomotif saat ini menunjukkan adanya harapan bagi pelaku bisnis nasional untuk menjangkau pasar yang luas. Yogyakarta memiliki peluang yang cukup bagus dalam mengembangkan bisnis otomotif. Berdasarkan hasil pengamatan, fasilitas layanan otomobil di Yogyakarta hingga saat ini masih kurang dapat memenuhi keinginan masyarakat sebagai konsumen, baik hanya dalam hal memperoleh informasi yang variatif seputar dunia otomobil maupun penyediaan fasilitas otomobil yang lengkap untuk segala merk. Fasilitas yang ada umumnya hanya menampung merk-merk tertentu dari agen tunggalnya. Kondisi tersebut ditambah dengan lokasi yang menyebar (tidak berada pada satu perwilayahan khusus) sehingga dari sisi pencapaian menyulitkan konsumen untuk segera mendapatkan informasi yang kompetitif atas kebutuhannya terhadap informasi otomobil. Mengingat tidak tersedianya fasilitas layanan otomobil di Yogyakarta yang mampu mewadahi berbagai kegiatan dan kebutuhan seputar mobil, maka dibutuhkan suatu sarana terpadu yang mampu memberikan fasilitas pelayanan umum seperti bengkel perbaikan dan perawatan, ruang pameran, toko asesoris; serta fasilitas pelayanan khusus yang berupa bengkel modifikasi, dimana kedua fasilitas pelayanan tersebut dilengkapi dengan fasilitas uji coba atau test drive. Automobile Station di Yogyakarta merupakan jenis bangunan untuk fasilitas perkantoran dan pelayanan. Bangunan yang bisa mewujudkan sebuah pelayanan yang bisa manampung segala hal yang berhubungan dengan pelayanan sistem cepat, peningkatan kemampuan teknologi produk dan jasa penampilan mobil. Kegiatan pendukung seperti café bagi para penggunanya juga tersedia sebagai tempat bersantai, saling berinteraksi dan bersosialisasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 07:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10003 |
Actions (login required)
View Item |