MEDIA ONLINE SEBAGAI PEMENUH KEPUASAN INFORMASI (Studi Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Kepuasan Informasi bagi Kaum Wanita pada Media Online wolipop.com)

Ratna, Lidwina Galih Puspa (2012) MEDIA ONLINE SEBAGAI PEMENUH KEPUASAN INFORMASI (Studi Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Kepuasan Informasi bagi Kaum Wanita pada Media Online wolipop.com). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02998.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02998.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02998.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02998.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02998.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media kini menjadi bagian penting dalam proses interaksi antar manusia. Media semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia akan informasi. Teknologi internet mengakibatkan bermunculannya media online di Indonesia. Target pasar yang dilirik pun semakin spesifik, terutama perempuan. Aktivitas dan mobilitas yang tinggi membuat perempuan membutuhkan media alternatif sebagai pengganti media cetak dan media elektronik yang dirasa kurang efektif dan efisien. Melihat begitu banyak orang yang secara setia mengakses internet, secara psikologis kita dapat menyimpulkan bahwa orang memperoleh kepuasan dalam menggunakan media, betapapun kecilnya pemuasan yang dapat diperoleh dari media. Dan individu akan cenderung menggunakan media massa bila media massa tersebut dapat memberikan pemuasan pada kebutuhannya. wolipop.com menetapkan dirinya sebagai sebuah situs yang khusus membahas seputar dunia perempuan. wolipop.com yang merupakan keluaran dari detik.com mengarahkan dirinya sebagai media yang memenuhi kebutuhan informasi perempuan modern yang selalu up-to-date. Dalam penelitian ini penulis mencoba mengungkapkan mengenai kepuasan informasi bagi kaum wanita pada media online wolipop.com serta faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kebutuhan dan kepuasan kaum wanita akan informasi pada media online. Penggunaan teori uses and gratification diperlukan untuk menganalisis perkembangan wolipop.com serta users yang sifatnya aktif dan dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif menggunakan focus group discussion terhadap pengakses wolipop.com, yaitu wanita sebagai sumber data. Hasil yang dicapai dari penelitian ini menyatakan bahwa pemenuhan kepuasan yang muncul karena adanya beberapa kebutuhan telah dicapai para wanita setelah mengakses media online wolipop.com.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media online, Wanita, wolipop.com, Teori uses and gratification.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 13:02
Last Modified: 01 May 2013 11:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item