EVALUASI 1 TAHUN PEMERINTAHAN KABINET KERJA JOKOWI-JK (ANALISIS FRAMING TAJUK RENCANA 5 MEDIA MASSA DI INDONESIA DAN PERSEPSI PUBLIK PADA PERINGATAN 1 TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK)

Wulandari, Theresia D. EVALUASI 1 TAHUN PEMERINTAHAN KABINET KERJA JOKOWI-JK (ANALISIS FRAMING TAJUK RENCANA 5 MEDIA MASSA DI INDONESIA DAN PERSEPSI PUBLIK PADA PERINGATAN 1 TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK). [Research]

[img] Text (Penelitian Ilmu Komunikasi)
KOM83102.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media massa memiliki pengaruh besar dalam membentuk opini publik masyarakat pemirsa atau pembacanya. Media massa mampu memiliki kekuatan untuk membentuk persepsi publik terhadap isu yang disampaikan melalui berita-beritanya. Ini isebagai wujud dari fungsi media yang bukan hanya sekadar menjadi saluran informasi saja, namun media massa memiliki fungsi mendidik, menghibur, mempengaruhi, memberikan respon sosial, dan penghubung. Salah satu berita yang menarik dan menjadi perhatian masyarakat Indonesia adalah peringatan 1 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang jatuh pada 20 Oktober 2015. Evaluasi, capaian, dan refleksi pasangan yang mengusung program prioritas Nawacita dalam memimpin Indonesia setahun pertama dianggap menjadi indikator keberhasil keduanya dalam memimpin Indonesia. Obyektifitas berita di media massa dijadikan sebagai kunci utama dalam penelitian ini, karena obyektifitas berita merupakan satu hal yang penting, Seperti halnya MacQuail seperti dikutip Puspita (2011, h.3) mengatakan bahwa obyektifitas menjadi syarat utama dalam membuat berita, karena dari situ khayalak dapat menilai apakah berita tersebut dapat dipercaya dan reliabel. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis framing Robert Entman terhadap teks berita tajuk rencana 5 media massa, yaitu Kompas, Media Indonesia, Tempo, Republika, dan Jawa Pos. Proses selanjutnya adalah wawancara dengan pimpinan redaksi kelima media massa sebagai bagian dari metode penelitian analisis framing sebagai bagian darikelengkapan analisis konteks. Metode dalam penelitian ini diharapkan akan menemukan sejauh mana obyektifitas dan imparsialitas kelima media massa di Indonesia dalam memberitakan evaluasi kinerja Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Sekaligus penelitian ini akan mengonfirmasi sejauh mana pihak redaksi media massa mengawal pemberitaan terkait kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam periode setahun pemerintahan mereka

Item Type: Research
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Sep 2016 10:15
Last Modified: 28 Sep 2016 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item