PUTRA, YONO (2016) EVALUASI PELAYANAN PENUMPANG ANGKUTAN LAUT DI TERMINAL GAPURA SURYA NUSANTARA PELABUHAN TANJUNG PERAK – SURABAYA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MTS02252.pdf Download (566kB) |
|
Text (Bab I)
1MTS02252.pdf Download (324kB) |
|
Text (Babb II)
2MTS02252.pdf Download (294kB) |
|
Text (Bab III)
3MTS02252.pdf Download (148kB) |
|
Text (Bab IV)
4MTS02252.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Text (Bab V)
5MTS02252.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
6MTS02252.pdf Download (193kB) |
Abstract
PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya sebagai salah satu penyedia jasa transportasi laut berupaya melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya dengan membangun Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara menggantikan terminal lama (Terminal Gapura Surya dan Terminal Gapura Nusantara). Permasalahannya adalah apakah pelayanan penumpang angkutan laut di terminal Gapura Surya Nusantara yang tersedia saat ini telah memenuhi Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut di Terminal berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 37 tahun 2015 dan tambahan PM No. 119 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut di Terminal? Subyek pada penelitian ini adalah keadaan eksisting pelayanan terminal penumpang angkutan laut Gapura Surya Nusantara dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 37 tahun 2015 dan tambahan PM No. 119 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut di Terminal. Dengan menggunakan metode komparasi ini peneliti bermaksud untuk menarik sebuah konklusi dengan cara membandingkan ide-ide, pendapat-pendapat dan pengertian agar mengetahui persamaan dari ide dan perbedaan dari standar pelayanan minimal (SPM) terminal penumpang angkutan laut Gapura Surya Nusantara dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 37 tahun 2015 dan tambahan PM No. 119 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut di Terminal. Berdasarkan hasil studi komparasi maka ada syarat-ayarat yang perlu disesuaikan, yaitu: 1. Standar Keselamatan: a. Perlu adanya nomor telepon darurat berupa stiker yang jalas terbaca dan di tempelkan pada tempat-tempat yang mudah terlihat. b. Petugas Kesehatan harus selalu berada di posko kesehatan setiap ada jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal penimpang dan Ro-Ro. 2. Standar Keamanan dan Ketertiban: Selain kotak saran yang telah disediakan terminal Gapura Surya Nusantara, perlu juga adanya stiker yang berisikan nomor telepon, dan atau SMS pengaduan yang mudah terlihat dan terbaca. 3. Standar Kehandalan/Keteraturan: Perlu adanya fasilitas mesin pencetak tiket, oleh karena itu perlu adanya koordinasi antara terminal GSN dengan agency kapal seperti PT. Pelni dan agency kapal Ro-Ro. 4. Standar Kenyamanan: a. Pada gate/koridor boarding selain papan pengumuman yang telah difungsikan, perlu juga mengoptimalkan perangkat TV LCD sebagai fasilitas informasi kedatangan dan keberangkatan kapal. b. Garbarata perlu dioptimalkan pengoperasiannya, untuk memudahkan mobilitas penumpang dan barang dari terminal ke kapal dan dari kapal ke terminal. 5. Standar Kemudahan: a. Perlu adanya informasi tarif dan peta jaringan rute pelayaran, agar penumpang lanjutan dapat mengetahui jadwal dan tarif untuk perjalanan lanjutan. Maka perlu adanya koordinasi antara terminal GSN dengan agency kapal seperti PT. Pelni dan agency kapal Ro-Ro. b. Fasilitas transit perlu dioptimalkan pengoperasiannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, standar pelayanan, terminal penumpang, komparasi |
Subjects: | Magister Teknik Sipil > Transportasi |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 11:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 11:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10438 |
Actions (login required)
View Item |