CATALINA, FRANSISKA ARGA BHUWANA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN DAY CARE DAN PRE-SCHOOL KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TA14490.pdf Download (4MB) |
|
Text (Bab I)
1TA14490.pdf Download (589kB) |
|
Text (Bab II)
2TA14490.pdf Download (680kB) |
|
Text (Bab III)
3TA14490.pdf Download (741kB) |
|
Text (Bab IV)
4TA14490.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
|
Text (Bab V)
5TA14490.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
6TA14490.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan hal yang penting dalam keseluruhan proses tumbuh kembang anak, karena pada tahapan tersebut anak menyerap segala sesuatu yang di sekitarnya yang akan menjadi bekal untuk perkembangannnya pada tahap selanjutnya. Usia golden age merupakan usia anak yang sangat membutuhkan perhatian dan bimbingan yang tepat. Oleh karena itu, perhatian dan bimbingan orang tua sangatlah dibutuhkan. Permasalahan yang terjadi adalah semakin tingginya tuntutan kebutuhan, maka memaksa orang tua, termasuk ibu untuk masuk dan terlibat aktif dalam dunia kerja. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak yang idealnya mendapat perhatian yang penuh dari kedua orang tua. Untuk menyikapi hal tersebut, tercetuslah ide untuk mendesain Day Care dan Pre-school ini sebagai tugas akhir. Sebuah day care dan pre-school harus dapat mengoptimalkan perkembangan seorang anak. Terdapat empat aspek perkembangan yang harus diperhatikan yaitu aspek kognitif, aspek motorik, aspek linguistik, dan aspek sosioemosi. Keempat aspek tersebut haruslah berkembang secara bersamaan. Akan tetapi, dilihat dari kinerjanya, aspek motorik merupakan aspek yang dapat mempengaruhi semua aspek lain baik langsung maupun tidak langsung. Aspek motorik merupakan aspek yang mempengaruhi kinerja otot anak baik itu otot besar maupun otot kecil. Perkembangan motorik anak yang optimal dapat membuat anak bergerak aktif untuk mencari dan menemukan pengetahuan yang ada disekitarnya serta potensi yang ada dalam dirinya. Lalu, bagaimana wujud rancangan day care dan pre-school yang mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan pendekatan tahapan perkembangan motorik anak?
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | day care, pre-school, tata ruang dalam, tata ruang luar, tahapan perkembangan motorik anak |
Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 07:36 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 07:36 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10825 |
Actions (login required)
View Item |