PEMILIHAN STRATEGI BISNIS DENGAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS PADA UKM TALENTA

GUPITA, WODYA AVE (2016) PEMILIHAN STRATEGI BISNIS DENGAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS PADA UKM TALENTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI06832.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
1TI06832.pdf

Download (238kB)
[img] Text (Bab II)
2TI06832.pdf

Download (593kB)
[img] Text (Bab III)
3TI06832.pdf

Download (358kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI06832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (Bab V)
5TI06832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (Bab VI)
6TI06832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (Bab VII)
7TI06832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (Bab VIII)
8TI06832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IX)
9TI06832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (Bab X)
10TI06832.pdf

Download (2MB)

Abstract

UKM TALENTA merupakan salah satu produsen lilin yang biasanya digunakan untuk kegiatan rohani. UKM ini menjadi salah satu bagian home industry dari Desa Wisata Dukuh Pandowoharjo, Sleman. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan pemilik UKM, terdapat kendala mengenai pengembangan bisnis dimana pemilik belum paham cara menentukan langkah strategi yang tepat karena kurangnya pengetahuan pemilik mengenai hal ini serta landasan yang digunakan dalam bisnis ini mengacu pada aspek keuangan (financial). Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang penentuan strategi yang tepat sebagai upaya pengembangan bisnis dengan menggunakan metode analytic network process (ANP). Namun sebelum mendapatkan strategi yang tepat perlu dilakukan analisis pemilihan kriteria yang paling berpengaruh dalam bisnis ini dengan memanfaatkan metode decision making trial and evaluation laboratory (DEMATEL) untuk menjadi acuan/dasar dalam pembuatan strategi yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan hasil yang menjawab masalah tersebut dimana terdapat empat kriteria yang paling berpengaruh dalam proses bisnis UKM TALENTA yaitu kepuasan pelanggan, perluasan jaringan pasar, kualitas barang dan pertumbuhan jumlah pelanggan. Keempat kriteria/aspek ini semuanya berasal dari perspektif yang sama yaitu perspektif pelanggan. Untuk dapat menonjolkan keempat aspek tersebut maka diperoleh strategi yang tepat untuk diaplikasikan pada UKM yaitu dengan melakukan pembuatan showroom yang terpisah dengan ruang produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan usaha, DEMATEL, ANP
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:53
Last Modified: 09 Dec 2016 10:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10886

Actions (login required)

View Item View Item