GUPITA, WODYA AVE (2016) PEMILIHAN STRATEGI BISNIS DENGAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS PADA UKM TALENTA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TI06832.pdf Download (2MB) |
|
Text (Bab I)
1TI06832.pdf Download (238kB) |
|
Text (Bab II)
2TI06832.pdf Download (593kB) |
|
Text (Bab III)
3TI06832.pdf Download (358kB) |
|
Text (Bab IV)
4TI06832.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
Text (Bab V)
5TI06832.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
Text (Bab VI)
6TI06832.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
Text (Bab VII)
7TI06832.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
Text (Bab VIII)
8TI06832.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab IX)
9TI06832.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text (Bab X)
10TI06832.pdf Download (2MB) |
Abstract
UKM TALENTA merupakan salah satu produsen lilin yang biasanya digunakan untuk kegiatan rohani. UKM ini menjadi salah satu bagian home industry dari Desa Wisata Dukuh Pandowoharjo, Sleman. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan pemilik UKM, terdapat kendala mengenai pengembangan bisnis dimana pemilik belum paham cara menentukan langkah strategi yang tepat karena kurangnya pengetahuan pemilik mengenai hal ini serta landasan yang digunakan dalam bisnis ini mengacu pada aspek keuangan (financial). Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang penentuan strategi yang tepat sebagai upaya pengembangan bisnis dengan menggunakan metode analytic network process (ANP). Namun sebelum mendapatkan strategi yang tepat perlu dilakukan analisis pemilihan kriteria yang paling berpengaruh dalam bisnis ini dengan memanfaatkan metode decision making trial and evaluation laboratory (DEMATEL) untuk menjadi acuan/dasar dalam pembuatan strategi yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan hasil yang menjawab masalah tersebut dimana terdapat empat kriteria yang paling berpengaruh dalam proses bisnis UKM TALENTA yaitu kepuasan pelanggan, perluasan jaringan pasar, kualitas barang dan pertumbuhan jumlah pelanggan. Keempat kriteria/aspek ini semuanya berasal dari perspektif yang sama yaitu perspektif pelanggan. Untuk dapat menonjolkan keempat aspek tersebut maka diperoleh strategi yang tepat untuk diaplikasikan pada UKM yaitu dengan melakukan pembuatan showroom yang terpisah dengan ruang produksi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan usaha, DEMATEL, ANP |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 10:53 |
Last Modified: | 09 Dec 2016 10:53 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10886 |
Actions (login required)
View Item |