APLIKASI REVERSE ENGINEERING UNTUK DESAIN ORNAMEN KERAMIK DINDING ISLAMI MASJID AL-HUDA (DI PT. NUANZA PORSELEN INDONESIA)

NUGROHO, WIJAYANTO VISY (2016) APLIKASI REVERSE ENGINEERING UNTUK DESAIN ORNAMEN KERAMIK DINDING ISLAMI MASJID AL-HUDA (DI PT. NUANZA PORSELEN INDONESIA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI07161.pdf

Download (538kB)
[img] Text (Bab I)
1TI07161.pdf

Download (118kB)
[img] Text (Bab II)
2TI07161.pdf

Download (294kB)
[img] Text (Bab III)
3TI07161.pdf

Download (53kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI07161.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (Bab V)
5TI07161.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab VI)
6TI07161.pdf

Download (327kB)

Abstract

Keramik merupakan salah satu produk yang sering dijumpai di semua kalangan. Baik itu keramik figure, dinding, tropi, maupun jenis lainnya. Keramik dinding sering digunakan sebagai interior bangunan, hotel, restoran, hingga tempat-tempat ibadah sebagai hiasan yang menonjolkan karakter atau ciri khas dari bangunan tersebut. Karakter tersebut ditunjukkan dengan adanya ornament yang menghiasi dinding. Ornamen-ornamen ini pada umumnya didesain sesuai dengan sejarah atau filosofi perkembangan dari bangunan yang didesain. Ciri ornament Islamic tampak pada: daun, batang, bentuk palm, bunga dan tunas dari daun maupun bunga. Hal ini tampak pada beberapa ornament yang ada di masjid-masjid timur tengah, seperti: Masjid Nabawi, Masjid Quba, Masjidil Haram, dan masjid-masjid lain di timur tengah. Rapyd Prototyping (RP) dan Reverse Enginering (RE) merupakan teknologi yang mampu mewujudkan secara cepat, tepat dan presisi sebuah desain produk berawal dari konsep atau ide konsumen menjadi kenyataan (bring concept to reality)[1]. Hal ini juga dialami oleh PT. Nuanza Ceramic Indonesia saat mendapatkan order dari customer berupa desain dan manufaktur keramik dinding dengan ornamen Islamic untuk pembangunan masjid Al Huda Jakarta sesuai permintaan. Kendala utama yang muncul adalah ketidakmampuan engineer desain dalam membuat master produk cetakan secara cepat, teliti dan tepat sesuai ornament yang diminta serta teknologi CAD/CAM yang belum dimiliki. Teknologi RP dan artistic CAD (ArtCAM 2015) yang dimiliki oleh laboratorium proses produksi mampu mengaplikasikan bring concept to reality desain keramik bernuanza ornamen Islamic sesuai perminataan customer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kemiripan yang sangat signifikan pada foto dengan ornament Islamic yang ada di timur tengah, sehingga obyek ini dapat dilanjutkan sampai tahap 2,5/3D desain keramik dinding. Didapatkan desain TIM01,TIM02, TIM03, TIM05 & TIM07.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ceramic Tiles, Reverse Engineering, 3D Printing, Islamic Ornament, ArtCam 2015 R2.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Dec 2016 10:47
Last Modified: 13 Dec 2016 11:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10891

Actions (login required)

View Item View Item