EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BUS DAMRI ROYAL TRAYEK SINTANG-PONTIANAK

SIMANULLANG, NOVAND REPINDO (2016) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BUS DAMRI ROYAL TRAYEK SINTANG-PONTIANAK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS13752.pdf

Download (943kB)
[img] Text (Bab I)
1TS13752.pdf

Download (388kB)
[img] Text (Bab II)
2TS13752.pdf

Download (254kB)
[img] Text (Bab III)
3TS13752.pdf

Download (304kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS13752-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (Bab V)
5TS13752.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text (Bab VI)
6TS13752-.pdf

Download (411kB)

Abstract

Kabupaten Sintang adalah salah satu daerah otonom tingkat II dibawah provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota provinsi Kalimantan Barat adalah Pontianak yang berjarak kurang lebih 395 km dari sintang dengan waktu tempuh 8-9 jam. Masyarakat Pontianak sebagian besar merupakan pendatang dari kabupaten Sintang dan kabupaten lainnya untuk mencari pekerjaan dan menempuh pendidikan. Perpindahan penduduk seperti ini menciptakan mobilitas yang tinggi dari dan ke kota Pontianak, serta transportasi udara yang menghubungkan Pontianak dengan Sintang melayani setiap hari akan tetapi transportasi udara biayanya sangatlah mahal dan transportasi sungai waktu yang ditempuh sangatlah lama biasanya sampai 3 hari 2 malam. Hal ini membuat masyarakat Sintang lebih banyak menggunakan transportasi darat untuk keluar ke daerah lain terutama ke Pontianak untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi udara dan transportasi laut keluar Kalimantan Barat. Didukung dengan mahasiswa yang banyak menuntut ilmu di Pontianak dan luar Kalimantan barat, artinya dibutuhkan transportasi darat yang menghubungkan Sintang dan Pontianak untuk kelancaran aktivitas dan perekonomian masyarakat. Salah satu AKDP yang melayani trayek Sintang-Pontianak adalah Bus DAMRI yang banyak dipilih masyarakat untuk keluar daerah. Berdasarkan latar belakang diatas dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengevaluasi tentang kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan jasa angkutan umum Bus Damri Royal trayek Sintang-Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan 90 kuesioner kepada penumpang Bus Damri Royal. Untuk mengetahui kuesioner sudah valid dan dapat dipercaya maka dilakukan uji validitas dan realibilitas. Pengolahan data selanjutnya yaitu dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis yang terdiri dari analisis kesenjangan (GAP), analisis kesesuaian dan analisis kuadran dengan diagram kartesius.; Dari hasil analisis diketahui bahwa atribut dari pelayanan yang harus dipertahankan adalah keberangkatan kendaraan selalu tepat waktu, ac pada kendaraan berfungsi dengan baik, pengemudi yang terlatih dan berpengalaman, memiliki supir cadangan, ketepatan pegawai dalam melayani pembelian tiket, tarif angkutan yang ada saat ini sesuai dengan fasilitas yang disediakan, hal pegawai tidak memandang status sosial kepada penumpang, jumlah armada yang tersedia saat ini sudah dapat mengangkut seluruh penumpang, armada yang digunakan merupakan kendaraan layak pakai, fasilitas kursi dapat diatur maju mundur dan dilengkapi sandaran kaki. Adapun yang perlu ditingkatkan yaitu fasilitas pegawai selalu merespon keluhan (komplain) penumpang, kemudahan penumpang dalam mendapatkan kejelasan informasi waktu keberangkatan, pegawai yang tidak menunjukan kesan sibuk dalam menyambut penumpang, tentang keamanan diloket, ruang tunggu, dan didalam bus, hal pegawai yang jujur dalam melayani penumpang, pegawai selalu mengucapkan salam pembuka pada awal pelayanan, tentang pegawai selalu mengucapkan terimakasih diakhir pelayanan, penyambutan pegawai selalu tersenyum kepada penumpang, kemudahan mendapatkan kendaraan lain, TV dan DVD yang dinikmati penumpang selama perjalanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Validitas, Reliabilitas, Importance Performance Analysis dan Bus Damri Roya
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jan 2017 11:06
Last Modified: 19 Jan 2017 11:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10982

Actions (login required)

View Item View Item