KAJIAN KENYAMANAN FISIK PADA TERMINAL PENUMPANG STASIUN BESAR YOGYAKARTA

ZABDI, ARIA (2016) KAJIAN KENYAMANAN FISIK PADA TERMINAL PENUMPANG STASIUN BESAR YOGYAKARTA. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTA02242.pdf

Download (358kB)
[img] Text (Bab I)
1MTA02242.pdf

Download (336kB)
[img] Text (Bab II)
2MTA02242.pdf

Download (210kB)
[img] Text (Bab III)
3MTA02242.pdf

Download (571kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTA02242.pdf

Download (515kB)
[img] Text (Bab V)
5MTA02242.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab VI)
6MTA02242.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persaingan antar mode transportasi mendorong PT Kereta Api Indonesia untuk melakukan perbaikan dengan menyusun Standar Pelayanan Minimum untuk mengusahakan kenyamanan bagi pengguna jasa kereta api. Namun pada pelaksanaannya, tidak seluruh aspek dari Standar Pelayanan Minimum dapat diterapkan pada stasiun dengan berbagai sebab. Hal tersebut menyebabkan batasan kenyamanan bagi pengguna jasa kereta api menjadi semakin rendah. Pada sisi lain, kenyamanan merupakan hal kompleks yang tersusun atas banyak variabel yang dirasakan oleh seseorang. Tujuan penelitian ini pertama adalah men gidentifikasi penerapan Standar Pelayanan Minimum pada Terminal Penumpang Stasiun Besar Yogyakarta. Kedua, mengkaji aspek kenyamanan fisik yang ditawarkan pada fasilitas-fasilitas terminal penumpang Stasiun Besar Yogyakarta menurut kondisi setting fisik eksisting berdasarkan standar kenyamanan. Ketiga, mengkaji kenyamanan fasilitas di terminal penumpang menurut persepsi penumpang dan calon penumpang kereta api selaku pengguna fasilitas. Penelitian dilakukan dengan melakukan perbandingan antara kondisi terminal penumpang dengan checklist yang disintesis dari Standar Pelayanan Minimum, dilanjutkan dengan melakukan pengamatan kenyamanan fisik ditinjau dari variabelvariabel kerangka teoritis yang dibangun. Kemudian diakhiri dengan mengkaji persepsi penumpang kereta api menggunakan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Standar Pelayanan Minimum di Terminal Penumpang Stasiun Besar Yogyakarta mencapai 75,7% dari keseluruhan aspek. Pada pengamatan, variabel termal dan akustik menjadi permasalahan utama dalam mencapai kenyamanan, dimana hal tersebut terkonfirmasi oleh persepsi pengguna jasa kereta api yang dihimpun dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan fisik, stasiun, persepsi pengguna, Stasiun Besar Yogyakart
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2017 08:54
Last Modified: 07 Feb 2017 08:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11074

Actions (login required)

View Item View Item