PREDIKSI PEMILIHAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT 2016 DENGAN MENGANALISIS SENTIMEN PADA SOSIAL MEDIA

WICAKSONO, ANDY JANUAR (2016) PREDIKSI PEMILIHAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT 2016 DENGAN MENGANALISIS SENTIMEN PADA SOSIAL MEDIA. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02392.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1MTF02392.pdf

Download (570kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF02392.pdf

Download (445kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF02392.pdf

Download (566kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF02392.pdf

Download (976kB)
[img] Text (Bab V)
5MTF02392.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6MTF02392.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan presiden Amerika Serikat merupakan sebuah peristiwa yang dinanti-nantikan oleh warga Amerika bahkan masyarakat dunia. Masyarakat dapat mengungkapkan pendapat, pernyataan, maupun tanggapan tentang pemilihan presiden Amerika Serikat melalui internet, khususnya sosial media. Peristiwa tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan suatu penelitian untuk memprediksi hasil pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016 dengan memanfaatkan data yang dituliskan oleh pengguna dalam sosial media. Sosial media yang digunakan sebagai sumber data penelitian adalah Facebook dan Twitter. Prediksi hasil pemilihan umum Amerika Serikat tahun 2016 dilakukan dengan menganalisa sentimen yang diungkapkan melalui teks yang dituliskan oleh pengguna di media sosial. Sebelumnya telah dilakukan penelitian-penelitian serupa yang menggunakan teknik analisis sentimen, namun terdapat kekurangan yang ditemukan yaitu sistem pemilihan umum hanya menggunakan popularity votes, sedangkan sistem pemilihan umum yang secara nyata diterapkan dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat adalah electoral college. Peneliti menggunakan penelitian-penelitian terdahulu sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian ini, serta memodifikasinya hingga dapat lebih menyerupai situasi aktualnya. Metodologi penelitian yang diusu lkan oleh peneliti terdiri dari enam tahap, yaitu: pengumpulan data dan tool, pembuatan metode analisis sentimen, menguji dan membandingkan hasil dan performa metode analisis sentimen, analisis sentimen dengan menggunakan data asli, agregasi, dan implementasi sistem electoral college. Metode analisis sentimen yang dibandingkan dan diterapkan pada penelitian ini adalah Multinomial Naïve Bayes, Binarized Multinomial Naïveayes, SentiWordNet, dan AFINN-111. Hasil perbandingan metode analisis sentimen dengan menggunakan data uji menunjukkan bahwa Multinomial Naïve Bayes memberikan tingkat akurasi prediksi yang paling baik dibandingkan ketiga metoda analisis sentimen yang lain. AFINN-111 memberikan performa terbaik dalam kecepatan untuk mengklasifikasikan sentimen data uji. Implementasi seluruh tahapan dalam metodologi penelitian diuji dengan menggunakan data asli yang dikumpulkan dari tanggal 7 Agustus 2016 hingga 25 September 2016. Jumlah data asli yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 22.845 yang dibagi menjadi 36% data untuk kata kunci Democrat, 15% data untuk kata kunci Hillary Clinton, 26% data untuk kata kunci Republican, dan 23% data untuk kata kunci Donald Trump.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: presiden Amerika Serikat, analisis sentimen, sosial media
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2017 10:08
Last Modified: 07 Feb 2017 10:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11079

Actions (login required)

View Item View Item