IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BANK SAMP AH PADA USAHA KECIL MENENGAH (STUD I KASUS BANK SAMPAH GEMAH RIPAH BADEGAN, BANTUL)

Handarkho, Yonathan Dri (2014) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BANK SAMP AH PADA USAHA KECIL MENENGAH (STUD I KASUS BANK SAMPAH GEMAH RIPAH BADEGAN, BANTUL). Proceeding Konferensi Nasional Ilmu Komputer, 01. pp. 404-410. ISSN 2338-2899

[img] Text (IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BANK SAMP AH PADA USAHA KECIL MENENGAH (STUD I KASUS BANK SAMPAH GEMAH RIPAH BADEGAN, BANTUL))
Seminas Ilmu Komputer 2014, Vol 01.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan TIK telah menjadi salah satu faktor penggerak utama pada sektor usaha salah satunya pada usaha kecil menengah (UKM). Bank Sampah Gemah Rimpah Badegan, Bantu!, Yogyakarta adalah salah satu bentuk UKM yang tumbuh dari kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah. Bank sampah pada prinsipnya beroperasi seperti layaknya sebuah bank pada umumnya. Hanya saja objek yang ditabung bukanlah uang, tetapi sampah. Sebagai sebuah unit usaha kecil (UKM) yang berbasis masyarakat, Bank Sampah Badegan p,erlu untuk memiliki tingkat kredibilitas dan akuntabilitas yang baik. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TJK) sebagai komponen yang akan mempermudah pengelolaan dan pertanggungjawaban setiap aktivitas yang terdapat di bank sampah. Salah satu bentuk penerapan 11K adalah dengan membangun dan mengimplementasikan Sistem lnformasi Bank Sampah pada bank sampah Badegan yang diharapkan dapat membantu proses pencatatan dan pengelolaan berbagai macam bentuk transaksi dari produk yang ditawarkan oleh bank sampah badegan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UKM, bank sampah, sistem informasi, TIK.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2017 07:56
Last Modified: 11 Apr 2017 07:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11533

Actions (login required)

View Item View Item