HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH “MABOSA” DENGAN MOTIVASI SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKART PENGELOLA MABOSA MEMILIH JURUSAN ILMU KOMUNIKASI DI PERGURUAN TINGGI

SURYAMAHOTAMA, RM. ANGGAKARA (2012) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH “MABOSA” DENGAN MOTIVASI SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKART PENGELOLA MABOSA MEMILIH JURUSAN ILMU KOMUNIKASI DI PERGURUAN TINGGI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02907.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02907.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02907.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM02907.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02907.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

“MABOSA” adalah majalah sekolah yang pengelolanya benar-benar terdiri dari para siswa. Mengingat pengelola MABOSA adalah siswa, maka jika aktivitas mengelola majalah sekolah merupakan aktivitas yang dianggap menyenangkan dan menimbulkan kepuasan maka akan menjadi daya tarik siswa untuk ikut aktif mengelola majalah sekolah. Siswa yang merasa mendapatkan kepuasan menulis materi atau mengelola suatu majalah sekolah, ia akan mengulang kegiatan ini sehingga untuk mengembangkan bakat menulis bisa diperoleh jika belajar di jurusan Ilmu Komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara aktivitas mengelola majalah sekolah “MABOSA” dengan motivasi siswa SMA BOPKRI I Yogyakarta pengelola MABOSA memilih jurusan Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh pengurus MABOSA sebanyak 36 siswa dan mengingat jumlah populasi tidak terlalu banyak, maka penelitian ini dilaksanakan pada seluruh anggota populasi, sehingga tidak dilakukan sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis tabulasi silang, dan analisis korelasi. Analisis deskriptif dan tabulasi silang digunakan untuk memberikan gambaran hasil penelitian sedangkan analisis korelasi dilakukan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) analisis deskriptif dengan mean aritmatika menunjukkan bahwa aktivitas mengelola MABOSA mayoritas responden adalah sedang (55,60%) dan tinggi (44,40%), sedangkan motivasi siswa pengelola MABOSA memilih jurusan Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi mayoritas responden adalah sedang (55,56%) dan yang motivasinya tinggi dan rendah sama yaitu sebesar 22,22%; (2) berdasarkan analisis tabulasi silang, yang paling banyak mempunyai motivasi tinggi atau mempunyai ketertarikan yang tinggi untuk memilih jurusan Ilmu Komunikasi adalah siswa perempuan (22,22%); (3) hasil uji hipotesis dengan analisis product moment menunjukkan rhitung (0,095) < rtabel (0,325), sehingga hipotesis nol yang menyatakan “Tidak ada korelasi antara aktivitas mengelola majalah sekolah “MABOSA” dengan motivasi siswa SMA Bopkri 1 Yogyakarta pengelola MABOSA memilih jurusan Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi” dinyatakan diterima atau dengan kata lain tidak terdapat korelasi antara mengelola majalah sekolah “MABOSA” dengan motivasi siswa SMA Bopkri 1 Yogyakarta pengelola MABOSA memilih jurusan Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 09:45
Last Modified: 01 May 2013 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item