KAJIAN PENGARUH PERKEMBANGAN ACTIVITY SUPPORT (KEGIATAN PENDUKUNG) FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP ELEMEN PERANCANGAN KAWASAN PADA KORIDOR JALAN SETURAN RAYA

ADWITYA, FRANSISKUS XAVERIUS HARANDA (2017) KAJIAN PENGARUH PERKEMBANGAN ACTIVITY SUPPORT (KEGIATAN PENDUKUNG) FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP ELEMEN PERANCANGAN KAWASAN PADA KORIDOR JALAN SETURAN RAYA. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MTA016820.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
MTA016821.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
MTA016822.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab III)
MTA016823.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
MTA016824.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Bab V)
MTA016825.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab VI)
MTA016826.pdf

Download (1MB)

Abstract

Koridor Jl. Seturan Raya menurut tata guna lahan kecamatan Depok sebagian besar merupakan kawasan permukiman serta perdagangan dan jasa (komersial), terdapatnya fasilitas pendidikan di dalam koridor dan sekitar kawasan, menjadi generator bagi pertumbuhan activity support (kegiatan pendukung). Bentuk, lokasi dan karakteristik dari sebuah area akan menarik tumbuhnya kegiatan serta fungsi tertentu, kegiatan tersebut akan tumbuh di tempat-tempat yang cenderung akan memberikan keuntungan. Segala kegiatan yang memperkuat keberadaan suatu kawasan atau area publik itulah yang kemudian disebut sebagai activity support (kegiatan pendukung). Activity support (kegiatan pendukung) yang merupakan salah satu bagian dari elemen perancangan kota/kawasan, dalam perkembangannya akan memberikan dampak/pengaruh bagi elemen-elemen perancangan kota/kawasan lainnya, yaitu; land use (tata guna lahan), building form and massing (bentuk dan massa bangunan), circulation and parking (sirkulasi dan ruang parkir), open space (ruang terbuka), pedestrian (jalur pejalan kaki) dan signage (penandaan). Perkembangan sarana pendidikan beserta kegiatan pendukungnya yang terjadi pada koridor Jl. Seturan Raya, akan memberikan pengaruh baik secara positif maupun secara negatif terhadap elemen perancangan kawasan pada koridor jalan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperlukanlah kajian penelitian lebih mendalam lagi untuk menjawab rumusan permasalahan yang berupa; Bagaimakah pengaruh perkembangan activity support (kegiatan pendukung) fasilitas pendidikan terhadap elemen perancangan kawasan pada koridor Jl. Seturan Raya?. Metoda Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dimana peneliti sendiri yang menjadi instrumen penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu fenomena secara detail. Dari analisa yang dilakukan, akan diperoleh kesimpulan dan saran tentang kajian pengaruh activity support (kegiatan pendukung) terhadap elemen perancangan kawasan pada koridor Jl. Seturan Raya, yang telah dianalisis secara deskriptif, evaluatif dan development dengan menggunakan variabel-variabel yang telah ditentukan, serta memberikan rekomendasi tentang arahan pengembangan potensi dan arahan penataan permasalahan pada koridor Jl. Seturan Raya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kegiatan pendukung, elemen perancangan kawasan, koridor
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jul 2017 08:34
Last Modified: 03 Jul 2017 08:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11915

Actions (login required)

View Item View Item