HUBUNGAN ANTARA DAYA TARIK ISI PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) KELUARGA BERENCANA DI TELEVISI DENGAN MOTIVASI PARA GENERASI MUDA UNTUK BER KB “DUA ANAK LEBIH BAIK” (Studi Korelasi Iklan KB Versi Shireen Sungkar, Teuku Wisnu dan Motivasi Mahasiswa FISIP UAJY Angkatan 2007 dan 2008)

PUSPITASARI, AJENG (2012) HUBUNGAN ANTARA DAYA TARIK ISI PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) KELUARGA BERENCANA DI TELEVISI DENGAN MOTIVASI PARA GENERASI MUDA UNTUK BER KB “DUA ANAK LEBIH BAIK” (Studi Korelasi Iklan KB Versi Shireen Sungkar, Teuku Wisnu dan Motivasi Mahasiswa FISIP UAJY Angkatan 2007 dan 2008). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03283.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03283.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03283.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03283.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03283.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Iklan televisi memiliki kekuatan yang berbeda dan begitu ampuh untuk mempengaruhi dan membujuk khalayak sehingga bertindak dan berpikir sesuai dengan iklan, salah satunya yaitu jenis iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat menyajikan pesan-pesan sosial mengenai masalah dan kondisi kesejahteraan masyarakat yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran dan kepedulian terhadap masalah sosial itu sendiri sehingga menimbulkan pengaruh yang positif. Program KB mulai gencar disosialisasikan kembali oleh pemerintah terutama kepada para generasi muda untuk perlu mengetahui, mengenal dan menjadikan program KB sebagai rencana masa depan saat masuk dalam jenjang pernikahan guna membantu menekan laju pertumbuhan penduduk yang melunjak dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat korelasi atau hubungan antara daya tarik pesan iklan layanan masyarakat Keluarga Berencana versi Shireen Sungkar, Teuku Wisnu di televisi dengan motivasi para generasi muda untuk ber KB. Penelitian ini adalah penelitian korelasional, dimana melalui penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi, bukan mengenai ada tidaknya efek variabel satu terhadap variabel yang lain. Melalui penelitian antara variabel daya tarik isi pesan (X) dan variabel motivasi (Y) dihasilkan hubungan positif dan signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,359 dan signifikansi 0,040. Hal ini mencerminkan bahwa daya tarik isi pesan iklan layanan masyarakat KB di televisi versi Shireen Sungkar, Teuku Wisnu memiliki keterkaitan dan hubungan munculnya motivasi para mahasiswa untuk merencanakan KB dengan pedoman “Dua Anak Lebih Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik isi pesan, iklan layanan masyarakat, motivasi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 10:46
Last Modified: 01 May 2013 10:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1193

Actions (login required)

View Item View Item