Mulyawan, Teddy (2017) IMPLEMENTASI SISTEM CROSSDOCKING UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (STUDI KASUS PADA DISTRIBUTOR UNILEVER CV BERKAT ABADI DAN CV SINAR BERKAT ABADI). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
EM203900.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
EM203901.pdf Download (474kB) |
|
Text (Bab II)
EM203902.pdf Download (806kB) |
|
Text (Bab III)
EM203903.pdf Download (252kB) |
|
Text (Bab IV)
EM203904.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
|
Text (Bab V)
EM203905.pdf Download (4MB) |
Abstract
Teknologi yang berkembang dengan cepat merubah bentuk persaingan antar perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada profit. Kehadiran metode-metode baru dalam pengelolaan perusahaan semakin gencar dikarenakan tuntutan suatu keunggulan bersaing dengan perusahaan lainnya. Salah satu ruang lingkup yang mampu menciptakan keunggulan bersaing adalah bidang operasional. Supply Chain Management telah menjadi salah satu komponen utama sebagai suatu strategi kompetiitf untuk mengembangkan kemampuan produktifitas dan profitabilitas suatu perusahaan. Sistem crossdocking telah lama ditemukan, hanya saja penerapannya yang kerap belum terlalu signifikan terhadap perusahaan-perusahaan di daerah seperti objek penelitian peneliti – Putussibau. Masih terdapat ruang untuk melakukan optimalisasi menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti crossdocking yang meminimalkan biaya operasional kendaraan. Pada penelitian ini perusahaan yang dituju adalah CV Berkat Abadi yang bermitra dengan Unilever dan CV Sinar Berkat Abadi. Metode pengukuran data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung biaya operasional kendaraan dari masing-masing perusahaan untuk menemukan biaya kendaraan yang terkuras diam (waste) yang seharusnya dapat diminimalisirkan oleh manajemen perusahaan. Penggunaan simulasi dan model sistem crossdocking pada kedua perusahaan tersebut ditujukan untuk komparasi kelayakan sistem dan mengidentifikasi ada tidaknya biaya terkuras diam atau idle cost tersebut. Melalui komparasi hasil kalkulasi kedua perusahaan tersebut dan dengan asumsi pengurangan waktu unloading-loading barang muatan, ditemukan ada sejumlah biaya yang dapat dikurangi. Efisiensi sebesar 25% terhadap faktor waktu mampu mengurangi biaya sebesar Rp 12.711.274,03 pada CV Berkat Abadi dan Rp 16.894.497,19 pada CV Sinar Berkat Abadi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | crossdocking, minimal, biaya operasional kendaraan, transportasi. |
Subjects: | Manajemen > Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 13:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 13:48 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11994 |
Actions (login required)
View Item |