Studi Eksplorasi Kebijakan Tas Belanja Plastik Berbayar Dan Edukasi Konsumen Ramah Lingkungan

Paulina, Yohana (2017) Studi Eksplorasi Kebijakan Tas Belanja Plastik Berbayar Dan Edukasi Konsumen Ramah Lingkungan. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MM024400.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
MM024401.pdf

Download (387kB)
[img] Text (Bab II)
MM024402.pdf

Download (536kB)
[img] Text (Bab III)
MM024403.pdf

Download (380kB)
[img] Text (Bab IV)
MM024404.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (Bab V)
MM024405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengekplorasi dan mengkaji lebih dalam terkait respon atau tanggapan konsumen, retail, dan pemerintah (Badan Lingkungan Hidup Yogyakarta) terhadap perilaku ramah lingkungan yang ditujukan untuk mendukung kebijakan tas belanja plastik berbayar. Selain itu mengkaji lebih dalam kebijakan seperti apa yang sesuai untuk mengedukasi konsumen pada perilaku ramah lingkungan untuk mendukung kebijakan tas belanja plastik berbayar. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga dan remaja putri yang menjadi konsumen tempat perbelanjaan, pihak retail itu sendiri, dan pihak pemerintah yang diwakili oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Jumlah informan yang digunakan adalah delapan informan konsumen, lima informan retail, dan satu informan dari Pemerintah (BLH). Pemilihan konsumen dilakukan dengan mencari informan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode grounded theory dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview). Hasil temuan dalam penelitian ini menjelaskan pada dasarnya masyarakat mengetahui, memperhatikan, dan ikut serta dalam kebijakan tas belanja plastik berbayar. Hampir semua masyarakat memiliki tas belanja sendiri dan ingin membawa saat berbelanja, tetapi karena adanya faktor lupa dan impulsive buying membuat masyarakat tetap menggunakan tas plastik. Harga tas belanja plastik juga masih tergolong murah dan konsumen masih bersedia untuk membayarnya Hasil temuan lainnya menjelaskan bahwa adanya penurunan penggunaan tas plastik dari pihak retail hingga 50 persen. Hanya dua retail dari lima retail yang memberikan reward kepada konsumennya, yaitu minimarket dan pengusaha lokal, suatu ironisme tersendiri dimana retail skala besar tidak berinisiatif memberikan reward guna mendukung kebijakan ini. Selain itu ditemukan ketidakkompakan antar retail dalam pelaksanaannya dan mulai banyak retail yang tidak menerapkan kebijakan tas belanja plastik berbayar Secara keseluruhan peneliti melihat adanya customer learning melalui kebijakn ini, dimana konsumen mulai membawa tas belanja sendiri, merasa bersalah saat tidak membawa, memilih untuk membawa secara langsung, dan memilih menggunakan kardus sebagai media pengganti tas plastik. Sehingga dapat dikatakan edukasi berhasil.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Tas Plastik Berbayar, Harga, Willingness to Pay, Kesadaran Lingkungan, Perilaku Ramah Lingkungan, Intention to Consume, Edukasi Konsumen, dan Demografi
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Aug 2017 10:56
Last Modified: 18 Aug 2017 10:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item View Item