LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARENA PROMOSI PRODUK KHAS KALIMANTAN TIMUR DI BONTANG

AGNESSIA, SHENDY BRIGITTA (2012) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARENA PROMOSI PRODUK KHAS KALIMANTAN TIMUR DI BONTANG. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA12754.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA12754.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2TA12754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab III)
3TA12754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (Bab IV)
4TA12754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TA12754.pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

Kalimantan Timur merupakan salah satu dari empat provinsi di Kalimantan. Memiliki banyak potensi terutama budaya dan budidaya laut yang berlimpah. Produk kerajinan tangan dan makanan yang beragam, memiliki kekhasan dan mulai banyak dikenal oleh masyarakat luas, antara lain sarung Samarinda, kain Ulap Doyo, Lampik (tikar rotan), Anjat (keranjang rotan), Mandau, batu permata dan mutiara, kerajinan tangan dari kayu, kerupuk kuku macan (kerupuk dari ikan) dan lain sebagainya. Untuk memajukan kualitas produk khas Kalimantan Timur, maka perlu wadah atau arena promosi untuk mendukung kegiatan jual-beli dan sebagai informasi. Kota Bontang merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur memiliki prospek yang cerah untuk mendirikan Arena Promosi di sini, selalin termasuk kota industri, Kota Bontang masih memiliki peluang luas untuk berinvestasi. Dalam perancangannya, Arena Promosi Produk menggunakan pendekatan sinergi ruang antara ruang komersial, informasi dan hiburan agar terlihat dinamis dan memberi nilai tambah pada ruang. Dimulai dengan mendekatkan ruang-ruang komersial, informasi dan hiburan untuk dicari potensi sinergi ruangnya kemudian didapatkan hubungan ruang utama yang sinergi. Setelah itu didekatkan lagi dengan ruang pendukungnya. Bentuk hubungan ruang ditransformasikan kedalam organisasi ruang dan didapat sirkulasi ruangnya. Ekspresi warna pada interior juga memberi nilai tambah untuk menciptakan suasana dan kesan ruang yang rekreatif dan santai. Hasil yang diharapkan melalui perancangan ini adalah terciptanya sebuah Arena Promosi Produk Khas Kalimantan Timur yang sinergis dan memberi nilai tambah pada pelayanan dan rekreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sinergi Ruang, Transformasi Sinergi Ruang dan Ruang yang Rekreatif
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 13:33
Last Modified: 01 May 2013 13:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item