Artana, Kadek Edi (2013) STUDI PENINGKATAN PRASARANA JALAN LINGKAR UTARA KOTA SRAGEN, JAWA TENGAH. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS12966.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS12966.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS12966.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (Bab III)
3TS12966.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab IV)
4TS12966.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text (Bab V)
5TS12966.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS12966.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Kota Sragen dilalui oleh jalan propinsi yang menghubungkan kota-kota /wilayah yang ada di Pulau Jawa, sehingga lalu lintas yang melalui Kota Sragen menjadi sangat besar. Perkembangan transportasi yang pesat menyababkan Kota Sragen harus memenuhi kebutuhan prasarana transportasi untuk mengakomodasi perkembangan lalu lintas dimasa yang akan datang. Melakukan peningkatan prasarana jalan lingkar utara Kota Sragen perlu dilakukan untuk memberikan pelayanan lalu lintas pada jalan tersebut. Jalan yang merupakan jalan tipe 2/1 TB tersebut dirasa masih kurang memberi pelayanan yang baik untuk masa yang akan datang. Oleh kerena itu, penulis merencanakan geometrik jalan yang lebih besar dan perancangan alinyemen pada jalan lingkar utara Kota Sragen berdasarkan VLHR untuk 20 tahun mendatang. Perancangan geometrik meliputi perencanaan jalan 4 lajur-2arah terbagi berdasarkan VLHRT sesuai peraturan Dirjen Bina Marga, perencanaan alinyemen horizontal yang disusaikan dengan peraturan Dirjen Bina Marga dan perencanaan waktu sinyal simpang tiga kaki berdasarkan metode penghitungan yang ditetapkan dalam MKJI 1997. VLHRT umur rencana 20 tahun dihitung dengan metode regresi linier berdasarkan VLHRT dasar dan persentase peningkatan lalu lintas, sedangkan jumlah kendaraan dan jumlah penduduk dihitung menggunakan rumus bunga berganda. Jumlah kendaraan dan dan jumlah penduduk digunakan untuk mengetahui keadaan Kota Sragen 20 tahun mendatang (tahun 2031) Berdasarkan hasil perancangan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan perlu dilakukan penambahan jalur jalan menjadi 2 jalur dengan lebar masing-masing jalur adalah 3,5 meter , penambahan bahu jalan dengan lebar 2 meter, median jalan dengan lebar 2 meter, perencanaan tikungan pada STA 0+50-0+250 dengan R = 130 meter, pada STA 1+500-2+100 dengan R= 358 meter dan pada STA 8+750- 9+550 dengan R= 573 meter yang disesuaikan dengan kecepatan rencana serta perencanaan simpang bersinyal 3 fase memperoleh waktu siklusnya 110 detik dengan masing-masing waktu hijau 27 detik untuk fase 1 (barat), 27 detik untuk fase 2 (timur) dan 41 detik untuk fase 3 (utara).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 02 May 2013 10:22 |
Last Modified: | 02 May 2013 10:22 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1238 |
Actions (login required)
View Item |