Pemilihan Supplier Biji Plastik Pada Pt. Mega Andalan Plastik Industri Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) Dan Fuzzy Analytic Hierarchy Process (Fuzzy Ahp)

Zwagery, Servasius Galih (2017) Pemilihan Supplier Biji Plastik Pada Pt. Mega Andalan Plastik Industri Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) Dan Fuzzy Analytic Hierarchy Process (Fuzzy Ahp). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI071150.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
TI071151.pdf

Download (55kB)
[img] Text (Bab II)
TI071152.pdf

Download (608kB)
[img] Text (Bab III)
TI071153.pdf

Download (142kB)
[img] Text (Bab IV)
TI071154.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (Bab V)
TI071155.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (Bab VI)
TI071156.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (Bab VII)
TI071157.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. Mega Andalan Plastik Industri (PT. MAPI) adalah sebuah perusahaan yang memproduksi hasil olahan plastik, seperti botol dan jerigen, lalu memasarkannya ke berbagai pabrik di daerah Jawa. Bahan baku utama yang digunakan oleh PT. MAPI adalah biji plastik. PT. MAPI memiliki 5 supplier biji plastik yang memasok biji plastik ke perusahaan. Pemilihan supplier yang baik sangat diperlukan oleh PT. MAPI karena kualitas produk jadi perusahaan bergantung pada performansi dari suppliernya. Pemilihan supplier pada PT. MAPI dilakukan untuk mendapatkan urutan prioritas supplier yang sesuai berdasarkan kebutuhan PT. MAPI, sehingga aktivitas pengadaan/pembelian oleh perusahaan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Pemilihan supplier merupakan masalah multiple criteria decision making (MCDM), maka dari itu metode yang digunakan adalah metode MCDM yaitu Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP). Metode AHP dipilih karena metode ini menurut penelitian pendahulu memberikan hasil paling optimal dalam pemilihan supplier. Metode FAHP dipilih karena mampu meminimalisir ketidakjelasan data yang timbul akibat pandangan subyektif seorang expert yang dapat terjadi pada metode AHP serta digunakan sebagai pembanding hasil yang didapatkan melalui metode AHP. Metode FAHP sendiri dilakukan dengan 2 metode yang berbeda pula yaitu Extent Analysis Method for Fuzzy Analytic Hierarchy Process (EAM for FAHP) dan Fuzzy Logarithmic Least Square Method for Fuzzy Analytic Hierarchy Process (Fuzzy LLSM for FAHP). Pengolahan data untuk metode AHP dan EAM for FAHP dilakukan dengan menggunakan software Microsoft Excel, sedangkan untuk metode Fuzzy LLSM for FAHP dilakukan dengan menggunakan software LINGO. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa metode AHP dan Fuzzy LLSM for FAHP menghasilkan urutan prioritas supplier yang sama dengan selisih nilai bobot global yang relatif kecil. Metode AHP memiliki kesederhanaan penggunaan dan dapat dilakukan secara manual, namun apabila variabel keputusun terlalu banyak dapat membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya. Metode Fuzzy LLSM for Fuzzy AHP membutuhkan bantuan software seperti LINGO serta pemahaman tentang linear programming untuk menyelesaikan model linear programming, namun memiliki kelebihan untuk mampu menyelesaikan varibel keputusan yang banyak dalam waktu yang lebih singkat. Metode EAM for FAHP tidak disarankan pada pemilihan supplier karena dapat menghasilkan bobot irasional 0 pada variabel keputusan yang menyebabkan variabel keputusan tersebut tidak ikut dipertimbangkan dalam analisis keputusan pemilihan supplier.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Supplier, Analytic Hierarchy Process, Fuzzy Analytic Hierarchy Process, Extent Analysis Method for Fuzzy Analytic Hierarchy Process, Fuzzy Logarithmic Least Square Method for Fuzzy Analytic Hierarchy Process.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Oct 2017 12:25
Last Modified: 06 Oct 2017 12:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item