PEMASARAN PARIWISATA DI KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI: PROSES, DINAMIKA DAN PROBLEMATIKA

Isniati, Ignasia Sari (2013) PEMASARAN PARIWISATA DI KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI: PROSES, DINAMIKA DAN PROBLEMATIKA. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0MM01560.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1MM01560.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2MM01560.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3MM01560.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM01560.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5MM01560.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengalaman pemasaran pariwisata di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Banyak daerah yang memiliki potensi pariwisata yang sangat tinggi di Indonesia, tetapi masih begitu banyak daerah yang tidak di ekspos sehingga tidak banyak masyarakat yang mengetahui potensi tersebut. Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa sehingga penting untuk mengetahui pengalaman pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh Pemda ditinjau dari aspek proses, dinamika dan problematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan penelaahan arsiparsip dokumen Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai khususnya Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Para informan adalah Wakil Bupati; Kepala Dinas Pariwisata; Kepala Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata; Dinas Komunikasi dan Informasi; Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi. Informasi juga diperoleh dari pihak eksternal, yaitu PT.Aloita Resort, Wisatawan/wati, dan calon wisatawan/wati melalui e-mail. Berdasarkan metode content analysis yang dilakukan, ditemukan bahwa kondisi pariwisata di Kabupaten Kepulauan Mentawai masih sangat rendah karena belum didukung oleh pembangunan infrastruktur yang baik, minimny transportasi, minimnya sarana dan prasarana, rendahnya sadar wisata masyarakat, serta belum adanya sebuah perencanaan terstruktur dalam memasarkan (marketing plan) pariwisata di Kabupaten Kepulauan Mentawai, kerjasama Pemda lintas sektoral yang masih rendah. Berbagai kendala yang ada menjadi sebuah tantangan Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam memasarkan potensi pariwisata yang ada.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pariwisata, pemasaran pariwisata.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 May 2013 12:02
Last Modified: 02 May 2013 12:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item