PENGARUH KETERLIBATAN KONSUMEN PADA KEPRIBADIAN MEREK MUSTIKA RATU

Kadju, Kristiana Lali (2013) PENGARUH KETERLIBATAN KONSUMEN PADA KEPRIBADIAN MEREK MUSTIKA RATU. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0MM01557.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1MM01557.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2MM01557.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3MM01557.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM01557.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5MM01557.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh keterlibatan konsumen produk Mustika Ratu terhadap kepribadian merek yaitu: ketulusan, kegembiraan, kompetensi, dan kekasaran dan untuk mengetahui perbedaan antara karyawati dengan mahasiswi ditinjau dari keterlibatan konsumen (ketertarikan, kesenangan, tanda, dan kemungkinan kesalahan). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan pada karyawati dan mahasiswi di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dan didapatkan data 150 responden terdiri dari 75 karyawati dan 75 mahasiswi yang diolah sebagai hasil dari penelitian ini. Pengujian data menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji beda dua rata-rata (Independent Sample t Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel X (ketertarikan, kesenangan, tanda, dan kemungkinan kesalahan) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y1 (ketulusan) dan Y4 (kekasaran). Sedangkan, pada ketiga variabel X (ketertarikan, kesenangan, dan tanda) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y2 (kegembiraan) dan satu variabel X (kemungkinan kesalahan) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Y2 (kegembiraan). Selain itu, pada ketiga variabel X (kesenangan, tanda, dan kemungkinan kesalahan) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y3 (kompetensi), sedangkan satu variabel X (ketertarikan) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Y3 (kompetensi). Hasil uji beda dua rata-rata ditinjau dari keterlibatan konsumen menunjukkan bahwa ketiga variabel X (ketertarikan, kesenangan, dan tanda) memiliki perbedaan yang signifikan antara karyawati dan mahasiswi, sedangkan satu variabel X (kemungkinan kesalahan) memiliki perbedaan yang tidak signifikan (sama) antara karyawati dan mahasiswi. Temuan ini secara eksplisit menunjukkan keterlibatan konsumen yang tinggi dalam pembelian dan penggunaan produk Mustika Ratu. Artinya, konsumen menganggap kepribadian merek produk Mustika Ratu secara positif. Masing-masing konsumen memiliki tingkatan keterlibatan konsumen yang berbeda-beda dalam pilihan jenis kategori produk yang menggambarkan pula perbedaan persepsi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Konsumen, Kepribadian Merek, Produk Mustika Ratu, Analisis Regresi Liniear Berganda dan Uji Beda Dua Rata-rata.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 May 2013 12:37
Last Modified: 02 May 2013 12:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item