Rissi , Donna Bella Permata (2013) CITRA PERUSAHAAN DALAM PEMBERITAAN MEDIA CETAK LOKAL (Studi Analisis Isi Pemberitaan Surat Kabar tentang Pemberhentian Direktur Pemasaran PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur Periode Maret 2012 – April 2012). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03639.pdf Download (16MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03639.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03639.pdf Download (84kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03639.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03639.pdf Download (73MB) | Preview |
Abstract
Citra dapat dipengaruhi oleh media massa. Media massa dinilai memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini khalayak. Karena dikonsumsi oleh audiens yang bersifat heterogen, pers dapat membentuk opini khalayak dan citra pihak-pihak yang diberitakannya. Citra positif dapat muncul karena adanya isi pesan yang positif, dan orang atau lembaga cenderung menyukai diri atau lembaganya muncul dalam citra positif. Sebaliknya, citra negatif dapat muncul karena adanya pesan yang negatif, dan orang enggan diberitakan negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah citra perusahaan melalui pemberitaan media cetak tentang pemberhentian Direktur Pemasaran PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur. Citra ini akan diteliti dengan metode analisis isi media. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berita-berita mengenai proses Pemberhentian Direktur Pemasaran PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur di SKH lokal Victory News, Pos Kupang, Timor Express dan Expo NTT. Kasus ini terjadi dalam rentang waktu Maret sampai April 2012. Selama rentang waktu tersebut dengan menggunakan total sampling, peneliti menemukan 33 item berita yang relevan dengan topik penelitian dan kemudian dijadikan sebagai obyek penelitian. Peneliti menggunakan dua unit analisis untuk mengetahui bagaimana citra Bank NTT di keempat media. Dua unit analisis isi ini terdiri penampilan fisik dan isi berita. Unit analisis ini digunakan untuk mengukur kecenderungan pemberitaan keempat media cetak lokal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra perusahaan Bank NTT dari pemberitaan adalah negatif. Dimana Bank NTT dinilai sebagai perusahaan yang lebih mementingkan kepentingan perusahaan, tanpa memperhatikan aspek – aspek dan nilai – nilai perusahaan lainnya yang juga harus didukung dan ditonjolkan demi membangun citra positif, salah satunya dengan membuat keputusan yang adil berdasarkan etika kerja dan bisnis yang baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra perusahaan, pemberitaan, media cetak |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 06 May 2013 11:59 |
Last Modified: | 06 May 2013 11:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1278 |
Actions (login required)
View Item |