STRATEGI PESAN DAN STRATEGI MEDIA KAMPANYE SOSIAL (Studi Kasus pada Gerakan SEGO SEGAWE di Wilayah Kota Yogyakarta)

Nugrahaeni, RR Harumi Maya (2011) STRATEGI PESAN DAN STRATEGI MEDIA KAMPANYE SOSIAL (Studi Kasus pada Gerakan SEGO SEGAWE di Wilayah Kota Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03023.pdf

Download (492kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM03023.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
2KOM03023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kampanye sosial berorientasi pada ide atau gagasan yang bertujuan pada perubahan sosial. Demikian pula dengan Gerakan Sego Segawe yang bertujuan untuk mengajak masyarakat kembali memilih sepeda sebagai alat transportasi . Dalam aktivitas komunikasinya, Gerakan Sego Segawe merancang suatu strategi pesan dan strategi media sebagai upaya menarik masyarakat khususnya di wilayah Kota Yogyakarta untuk turut berpartisipasi pada gerakan ini. Penelitian berlandaskan pada teori yang dikemukakan oleh Robert E. Simmons yang mengembangkan model kampanye komunikasi sistem yang di dalamnya seluruh elemen perencanaan merupakan bagian dari proses terintegrasi, yakni semuanya harus mendukung sasaran. pusat atau sebuah susunan yang tidak bisa tanpa ada komunikasi yang di dalamnya menjelaskan adanya tahapan strategi pesan dan strategi media. Dan metode yang digunakan adalah metode studi kasus mengenai strategi pesan dan strategi media Gerakan Sego Segawe dalam proses penyampaian tujuan kampanye melalui tema pesan yang diangkat, kreatifitas pesan, cara penyampaian pesan hingga penggunaan dan pemilihan media Gerakan Sego Segawe memfokuskan strategi pesan pada perumusan pesan dan pengangkatan tema yang menarik dalam setiap pesan yang disampaikan. Sedangkan strategi media yang digunakan antara lain leaflet, spanduk, baliho, dan media audiovisual. Secara terperinci penelitian ini membahas elemen­-elemen tersebut di atas mengingat diperlukan perencanaan yang terarah dan tidak mudah untuk menyadarkan masyarakat untuk kembali menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Sosial, Strategi Pesan, Strategi Media, Gerakan Sego Segawe
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 09:38
Last Modified: 05 Dec 2017 09:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item