STRATEGI KOMUNIKASI SOSIALISASI KEBIJAKAN BANK INDONESIA KEPADA STAKEHOLDER (Studi Kasus pada Sosialisasi Informasi Inflasi Triwulan IV 2010 kepada Stakeholder Kantor Bank Indonesia Yogyakarta)

Pambudi, Rara Ajeng (2011) STRATEGI KOMUNIKASI SOSIALISASI KEBIJAKAN BANK INDONESIA KEPADA STAKEHOLDER (Studi Kasus pada Sosialisasi Informasi Inflasi Triwulan IV 2010 kepada Stakeholder Kantor Bank Indonesia Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03395.pdf

Download (301kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM03395.pdf

Download (953kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM03395.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03395.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03395.pdf

Download (385kB)

Abstract

Inflasi merupakan meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. Kestabilan inflasi merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pentingnya pengendalian inflasi didasarkan pada pertimbangan bahwa inflasi yang tinggi dan tidak stabil memberikan dampak negatif kepada kondisi sosial ekonomi masyarakat. Untuk itulah, kebijakan mengenai inflasi perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Agar tujuan dari sosialisasi ini dapat tercapai maka perlu menggunakan suatu strategi komunikasi untuk mensosialisasikannya. Strategi komunikasi merupakan suatu konsep, pendekatan atau rencana umum untuk program yang didesain guna mencapai tujuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Peneliti Ekonomi di Biro Riset Ekonomi (BRE), Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter (DKM) Bank Indonesia pada tahun 2009 menemukan bukti bahwa strategi komunikasi Bank Indonesia (BI) belumlah efektif dalam mengelola ekspektasi inflasi. Bukti pendukung menunjukkan bahwa sekitar 71,3% pelaku ekonomi di Indonesia tidak mengetahui bahwa BI memiliki target inflasi. Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian mengingat salah satu tujuan utama BI adalah mencapai inflasi yang rendah dan stabil serta seiring dengan implementasi ITF (Inflation Targeting Framework) maka seyogyanya pelaku ekonomi menjangkau target inflasi BI dalam pembentukan ekspektasi inflasi mereka. Untuk itu, guna memperbaiki strategi komunikasi 2009, dirancanglah suatu strategi komunikasi manajemen informasi strategis yang digunakan untuk mensosialisasikan inflasi 2011. Dalam mensosialisasikan target inflasi 2011 Bank Indonesia Yogyakarta menggunakan strategi manajemen informasi strategis. Strategi manajemen informasi strategis merupakan manajemen pengelolaan informasi yang didalamnya terdapat perencanaan strategis yang meliputi analisis keadaan, pengenalan tantangan, perumusan tujuan, adan pemilihan strategi yang meliputi target sasaran, pesan, media, metode dan komunikator.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Sosialisasi, lnflasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 11:22
Last Modified: 05 Dec 2017 11:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item