GONGGANG, TRIONO (2017) ANALISIS RESPONS PENGENDARA TERHADAP PEMASANGAN COUNTDOWN TIMER DI PERSIMPANGAN. S1 thesis, UAJY.
Text (HALAMAN JUDUL)
TS141180.pdf Download (526kB) |
|
Text (BAB II)
TS141181.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB II)
TS141182.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB III)
TS141183.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB IV)
TS141184.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text (BAB V)
TS141185.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
|
Text (BAB VI)
TS141186.pdf Download (856kB) |
Abstract
Countdown Timer merupakan alat bantu pengendara dalam melewati simpang bersinyal dengan aman dan nyaman. Alat ini memberikan informasi kepada pengendara tentang lamanya lampu merah dan lampu hijau menyala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pergerakan pengendara terhadap penggunaan countdown timer dan tanpa countdown timer di persimpangan selama lampu hijau menyala. Penelitian dilakukan dengan pengambilan data di lapangan untuk mengetahui pergerakan pengendara selama lampu hijau menyala. Survei dilakukan pada 3 jenis jalan, yaitu jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kabupaten. Melakukan pengamatan pada lengan simpang yang terpasang countdown timer dan simpang bersinyal tanpa dilengkapi countdown timer. Hasil yang didapat dari penelitian ini melalui grafik kecepatan pengendara adalah kecepatan pengendara pada jalan nasional, simpang yang terpasang countdown timer merupakan yang paling tinggi, hal ini baik untuk kelancaran mobilitas kendaraan pada simpang, namun dapat membahayakan para pengendara. Kecepatan pengendara pada jalan provinsi, simpang yang terpasang countdown timer juga menjadi yang tertinggi, hal ini baik untuk kelancaran mobilitas kendaraan pada simpang, namun dapat membahayakan para pengendara. Mungkin pada lokasi penelitian juga dapat berpengaruh karena penelitian pada jalan kolektor dilakukan pada simpang 3. Dan kecepatan pengendara pada jalan kabupaten, simpang tanpa countdown timer merupakan yang paling tinggi. Hasil kecepatan pengendara mungkin juga dipengaruhi oleh kondisi jalan pada lokasi penelitian, karena terdapat tanjakan pada lengan simpang yang terpasang countdown timer.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | simpang bersinyal, countdown timer, grafik, respons pengendara, mobilitas |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 11:31 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 11:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13156 |
Actions (login required)
View Item |