ANALISIS RESPONS PENGENDARA TERHADAP PEMASANGAN COUNTDOWN TIMER DI PERSIMPANGAN

GONGGANG, TRIONO (2017) ANALISIS RESPONS PENGENDARA TERHADAP PEMASANGAN COUNTDOWN TIMER DI PERSIMPANGAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TS141180.pdf

Download (526kB)
[img] Text (BAB II)
TS141181.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
TS141182.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB III)
TS141183.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
TS141184.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text (BAB V)
TS141185.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (BAB VI)
TS141186.pdf

Download (856kB)

Abstract

Countdown Timer merupakan alat bantu pengendara dalam melewati simpang bersinyal dengan aman dan nyaman. Alat ini memberikan informasi kepada pengendara tentang lamanya lampu merah dan lampu hijau menyala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pergerakan pengendara terhadap penggunaan countdown timer dan tanpa countdown timer di persimpangan selama lampu hijau menyala. Penelitian dilakukan dengan pengambilan data di lapangan untuk mengetahui pergerakan pengendara selama lampu hijau menyala. Survei dilakukan pada 3 jenis jalan, yaitu jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kabupaten. Melakukan pengamatan pada lengan simpang yang terpasang countdown timer dan simpang bersinyal tanpa dilengkapi countdown timer. Hasil yang didapat dari penelitian ini melalui grafik kecepatan pengendara adalah kecepatan pengendara pada jalan nasional, simpang yang terpasang countdown timer merupakan yang paling tinggi, hal ini baik untuk kelancaran mobilitas kendaraan pada simpang, namun dapat membahayakan para pengendara. Kecepatan pengendara pada jalan provinsi, simpang yang terpasang countdown timer juga menjadi yang tertinggi, hal ini baik untuk kelancaran mobilitas kendaraan pada simpang, namun dapat membahayakan para pengendara. Mungkin pada lokasi penelitian juga dapat berpengaruh karena penelitian pada jalan kolektor dilakukan pada simpang 3. Dan kecepatan pengendara pada jalan kabupaten, simpang tanpa countdown timer merupakan yang paling tinggi. Hasil kecepatan pengendara mungkin juga dipengaruhi oleh kondisi jalan pada lokasi penelitian, karena terdapat tanjakan pada lengan simpang yang terpasang countdown timer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: simpang bersinyal, countdown timer, grafik, respons pengendara, mobilitas
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 11:31
Last Modified: 05 Dec 2017 11:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13156

Actions (login required)

View Item View Item