STRATEGI KANVAS BIDANG PENERBITAN BUKU KEPENDIDIKAN PENERBIT KANISIUS STUDI PADA INDUSTRI PENERBITAN BUKU PELAJARAN

Murwaningsih, Veronica Maria (2011) STRATEGI KANVAS BIDANG PENERBITAN BUKU KEPENDIDIKAN PENERBIT KANISIUS STUDI PADA INDUSTRI PENERBITAN BUKU PELAJARAN. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM01298.pdf

Download (281kB)
[img] Text (Bab I)
1MM01298.pdf

Download (285kB)
[img] Text (Bab II)
2MM01298.pdf

Download (563kB)
[img] Text (Bab III)
3MM01298.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM01298.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (Bab V)
5MM01298.pdf

Download (777kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis persaingan dalam industri penerbitan buku pelajaran di Indonesia khususnya melalui subjek Penerbit Kanisius Yogyakarta. Persaingan ditinjau dari lima pilar kekuatan menurut Porter, yaitu kekuatan ancaman pendatang baru, ancaman kompetitor, kekuatan pembeli, kekuatan substitusi produk, dan kekuatan supplier; untuk menemukan faktor kunci keberhasilan Penerbit Kanisius bertahan dalam bisnis ini. Dengan menggunakan strategi kanvas penelitian ini akan mengetahui upaya Penerbit Kanisius melakukan inovasi nilai untuk samudra biru yang membuat persaingan tidak relevan. Penelitian menggunakan metode analisis konten didukung dengan data dari berbagai sumber, termasuk dengan wawancara, pengamatan lapangan, dan divalidasi dengan studi referensi hingga diperoleh beberapa kesimpulan. Lima pilar kekuatan persaingan yang disampaikan oleh Porter dihadapi oleh para penerbit buku pelajaran, khususnya Penerbit Kanisius dan intensitas kekuatannya sangat tinggi untuk pilar-pilar kekuatan ancaman pendatang baru, ancaman kompetitor, kekuatan pembeli, dan kekuatan supplier. Kekuatan pilar subsitusi produk rendah karena produk yang dihasilkan dalam industri sulit tergantikan. Untuk mengatasi kekuatan persaingan menurut lima pilar kekuatan ancaman Porter, Penerbit Kanisius mempunyai beberapa faktor kunci keberhasilan yaitu: spiritualitas dan idealisme pendirian perusahaan, diversifikasi lini produk, brand image baik di kalangan gereja dan sekolah katolik, keunggulan sumber daya manusia, produk beridealisme tinggi, dan keunggulan metode pembelajaran yang ber-Paradigma Pedagogi Reflektif termasuk dalam buku tematik. Dengan strategi kanvas Penerbit Kanisius melakukan inovasi nilai berdasarkan kerangka kerja empat langkah yang menetapkan strategi, fokus pada penciptaan buku pelajaran yang ber-PPR di setiap jenjang, meningkatkan kualitas produk dan aspek distribusinya. Sebagai pengingat ditemukan motto yang baik, seperti "PPR mengatasi carut-marut bangsa dengan bijak dan reflektif '. Dengan kesimpulan tersebut, implikasi manajerial yang harus dijalankan oleh manajemen Penerbit Kanisius fokus pada aspek produk dan distribusi untuk menciptakan samudra biru dan memuaskan pelanggan yang dilayani.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Industri penerbitan buku, bisnis buku pelajaran, Iima pilar kekuatan persaingan Porter, kanvas strategi, samudra biru
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 12:39
Last Modified: 05 Dec 2017 12:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item View Item