POSITIONING PRODUK PELUMAS (OLI) MESIN MOTOR MATIC (Studi Deskriptif Kuantitatif Positioning Produk Pelumas (Oli) Mesin Top 1, Federal, Pertamina Enduro Menurut Persepsi Anggota Komunitas Motor Matic Jogja Spin Matic Club (J-SMC) dan Jogja Beat Riders (JBR))

CHRISTYAN, RENO (2017) POSITIONING PRODUK PELUMAS (OLI) MESIN MOTOR MATIC (Studi Deskriptif Kuantitatif Positioning Produk Pelumas (Oli) Mesin Top 1, Federal, Pertamina Enduro Menurut Persepsi Anggota Komunitas Motor Matic Jogja Spin Matic Club (J-SMC) dan Jogja Beat Riders (JBR)). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (UM 658.802 Ren 17)
KOM04490.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Industri minyak pelumas di Indonesia saat ini semakin diminati dan kompetitif karena memiliki prospektif yang cenderung naik. Hal ini didukung dengan terjadinya peningkatan populasi kendaraan terutama kendaraan roda dua. Hal inilah yang mendorong keinginan peneliti untuk melakukan penelitian dengan meneliti 2 (dua) komunitas sepeda motor yang besar di DIY (Jogja Spin Matic Club (J-SMC) dan Jogja Beat Riders (JBR) yang mana 2 (dua) komunitas sepeda motor ini telah berkontribusi dalam pembentukan positioning produk pelumas (oli) mesin motor matic. Teori yang dipaparkan dalam penelitian ini meliputi segmentasi, targeting, positioning, teori persepsi, dan teori komunikasi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei, diukur dengan menggunakan skala Likert. Pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan metode kuesioner (questionaire), dengan pertanyaan-pertanyaan meliputi aspek atribut, harga dan kualitas, penggunaan, pemakai produk, pesaing, kelas produk dan manfaat. Analisis data yang digunakan adalah analisis karakteristik responden, analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial dan perceptual mapping dengan analisis arithmatic mean untuk mendapatkan nilai ratarata persepsi responden terhadap atribut-atribut Pelumas (oli). Hasil penelitian ini adalah Pelumas (oli) merek Pertamina Enduro adalah yang paling unggul. Hal tersebut dapat dilihat bahwa enam dari tujuh aspek dari merek Pertamina Enduro mendapatkan nilai yang unggul. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek atribut, penggunaan, pemakai produk, pesaing, kelas produk dan manfaat. Sedangkan Pelumas (oli) merek Federal unggul hanya pada satu aspek dari ketujuh aspek yaitu pada aspek harga dan kualitas. Sedangkan merek TOP 1 tidak unggul pada aspek manapun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Positioning, Pelumas (oli), Teori Persepsi, Teori Komunikasi Pemasaran
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Dec 2017 09:59
Last Modified: 15 Dec 2017 09:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13217

Actions (login required)

View Item View Item