PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Kepercayaan pada Akun @jogjaculinary dan @kulineryogya di Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Followers Akun @jogjaculinary dan @kulineryogya di Yogyakarta)

RASTASARI, SINTA DEWI (2016) PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Kepercayaan pada Akun @jogjaculinary dan @kulineryogya di Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Followers Akun @jogjaculinary dan @kulineryogya di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (UM 658.802 Sin 16)
KOM04548.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Walaupun kasus ulasan online palsu marak terjadi, kepercayaan masyarakat terhadap ulasan online terbukti masih tinggi. Media sosial seperti Instagram mulai digunakan untuk menuliskan pendapat atau ulasan mengenai produk atau jasa yang mereka gunakan. Akun foodies menjadi salah satu contoh maraknya penggunaan Instagram sebagai fasilitas untuk menulis ulasan mengenai makanan atau minuman. Akun „Jogja Culinary‟ dan „Kuliner Yogya‟ menjadi akun foodies yang bisa dibilang popular di kalangan masyarakat dilihat dari jumlah followers nya yang mencapai ratusan ribu. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh tingkat kepercayaan pada akun @jogjaculinary dan @kulineryogya di Instagram terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh followers akun @jogjaculinary dan @kulineryogya di Yogyakarta. Variabel bebas pada penelitian ini adalah variabel tingkat kepercayaan dan variabel terikatnya dalah keputusan pembelian. Teori utama yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Retorika. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksplanatif. Data dalam penelitian nantinya akan dikumpulkan peneliti melalui survei dengan kuesioner atau angket yang akan dibagikan kepada responden melalui metode accidental sampling. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana, uji validitas dan reabilitas, uji independent sample (t-test), dan distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana, ditemukan bahwa variabel tingkat kepercayaan pada akun @kulineryogya di Instagram berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada followers akun @kulineryogya di Yogyakarta, sedangkan, variabel tingkat kepercayaan pada akun @jogjaculinary di Instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada followers akun @jogjaculinary di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh beberapa saran untuk penelitian selanjutnya dan akun foodies terkait. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah bahwa adanya kemungkinan untuk meneliti faktor lain selain tingkat kepercayaan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Saran bagi akun foodies terkait adalah mengurangi ulasan yang bersifat sponsor, melakukan interaksi dengan followers, dan mempertahankan penyususan dan pemilihan kata yang baik sehingga semakin terkesan memiliki tujuan baik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepercayaan, foodies, keputusan pembelian
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jan 2018 10:32
Last Modified: 02 Jan 2018 10:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item View Item