SIKAP MAHASISWA SETELAH MEMBACA BERITA (Studi Deskriptif Kuantitatif Efek Media Massa Online Terhadap Sikap Mahasiswa KEMPGAMA Terkait Pemberitaan Insiden Tolikara)

MANTIRI, MIKHA FRIDASARI ANENDRA (2017) SIKAP MAHASISWA SETELAH MEMBACA BERITA (Studi Deskriptif Kuantitatif Efek Media Massa Online Terhadap Sikap Mahasiswa KEMPGAMA Terkait Pemberitaan Insiden Tolikara). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MIKHA FRIDASARI ANENDRA MANTIRI)
KOM04093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Sikap Mahasiswa Setelah Membaca Berita (Studi Deskriptif Kualitatif Efek Media Massa Online Terhadap Sikap Mahasiswa KEMPGAMA Terkait Pemberitaan Insiden Tolikara). Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh anggota KEMPGAMA (Keluarga Mahasiswa Papua Gadjah Mada) yang aktif. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh efek media massa online terhadap sikap mahasiswa KEMPGAMA setelah membaca berita mengenai Insiden Tolikara. Penelitian ini didasari oleh pemberitaan mengenai kerusuhan yang terjadi di Tolikara pada 17 Juli 2015. Peristiwa tersebut diberitakan di berbagai media massa, khususnya media online. Banyak media online yang berlomba-lomba melaporkan telah terjadi pembubaran salat Ied dan pembakaran tempat ibadah. Untuk peristiwa segenting ini, beberapa media online malah menurunkan berita dengan minim sumber tanpa konfirmasi dari pihak yang dituduh melakukan pembakaran. Dalam isu sensitif semacam ini, penting bagi media untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu agar informasi yang disebar tidak meluaskan ketegangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner terhubung maupun hardcopy sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efek media massa online memiliki pengaruh terhadap sikap Mahasiswa KEMPGAMA setelah membaca berita, tetapi nilai korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,415 sehingga dinyatakan hubungannya sedang. Hasil uji hipotesis penelitian juga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh antara efek media massa media online melalui pemberitaan mengenai Insiden Tolikara terhadap sikap mahasiswa KEMPGAMA setelah membaca berita. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel pembentukan sikap mempengaruhi hubungan antara efek media massa online dan sikap mahasiswa sebesar 0,290 dengan signifikansi sebesar 0,006. Artinya, terdapat pengaruh dalam pembentukan sikap yang signifikan pada mahasiswa KEMPGAMA setelah membaca berita mengenai insiden Tolikara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efek media, komunikasi massa, sikap
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jan 2018 11:38
Last Modified: 08 Jan 2018 11:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13395

Actions (login required)

View Item View Item