ANALISIS DESAIN ANTARMUKA SISTEM ICONS PADA PT BANK BNI (PERSERO) TBK

Rebowo, Taufik Awan (2006) ANALISIS DESAIN ANTARMUKA SISTEM ICONS PADA PT BANK BNI (PERSERO) TBK. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF04.007.pdf

Download (329kB)
[img] Text (Bab I)
1MTF04.007.pdf

Download (190kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF04.007.pdf

Download (380kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF04.007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF04.007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5MTF04.007.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa jauh desain antarmuka pada ICONS dapat membantu kegiatan operasional di bank BNI dibandingkan dengan desain antarmuka pada BOSS on line. Selain itu tingkat kemudahan desain antarmuka terhadap para penggunanya juga menjadi salah satu tolok ukur. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk bank BNI dalam memaksimalkan kegiatan operasionalnya. Hipotesis di penelitian ini adalah bahwa desain antarmuka ICONS dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Penelitian ini memilih pegawai/staf dari bank BNI cabang Yogyakarta sebagai responden yang kemudian dibagi berdasarkan atas unit kerja. Tiap unit dibagikan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan tentang profil responden secara umun dan pertanyaan teknis mengenai antarmuka. Pertanyaan teknis antarmuka tersebut meliputi tampilan antarmuka secara keseluruhan yang terbagi menjadi beberapa hal pokok antara lain desain (warna, ukuran font, lambang dan kemudahan bagi pengguna) dan tingkat kepentingan pengguna. Data hasil kuesioner dari responden kemudian diolah secara deskriptif dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 12 untuk mendapatkan nilai rata-rata hitung dari tiap-tiap variabel tampilan antarmuka. Hasil pengolahan data tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan ICONS dalam hal kecepatan transaksi tidak mengalami banyak perubahan tetapi secara umum cukup membantu dalam kegiatan operasional pada PT Bank BNI terutama dalam memberikan informasi secara lebih detail dan kem udahan bagi penggunanya

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Desain, Antarmuka, Bank, Adaptasi, Sistem
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jan 2018 12:07
Last Modified: 25 Jan 2018 12:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13573

Actions (login required)

View Item View Item